Pelaksanaan Program Diniyah Sahur Ramadan Masjid Nurul Huda Sebagai Kegiatan Pendidikan Luar Sekolah
Abstract
Pelaksanaan program Diniyah Sahur Ramadan di Masjid Nurul Huda yang diselenggarakan oleh dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam di kalangan peserta melalui kegiatan diniyah sahur Ramadan sebagai kegiatan pendidikan luar sekolah, dengan menggunakan metode pembinaan dan pendampingan. Program ini terdiri dari tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Pada tahap persiapan, analisis kebutuhan dilakukan melalui survei dan diskusi dengan pengurus masjid dan masyarakat setempat untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka. Penyusunan rencana kegiatan yang matang, termasuk jadwal harian dan mingguan serta materi ajar, memastikan kelancaran pelaksanaan program. Dan tahap pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pembukaan yang sederhana namun bermakna, diikuti dengan berbagai kegiatan harian seperti ceramah, tadarus, praktik ibadah, hafalan ayat pendek, belajar bahasa Arab, dan kajian sahur dan subuh. Setiap kegiatan dirancang secara interaktif dan praktis untuk memperkuat pemahaman keagamaan anak-anak, melibatkan mereka dengan antusias. Serta tahapan monitoring dan evaluasi dilakukan terus-menerus untuk memastikan partisipasi dan kemajuan peserta. Umpan balik langsung dan evaluasi mingguan membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program, serta memberikan solusi untuk perbaikan.
Downloads
References
Falahuddin, & Najamudin. (2013). Kuliah Fiqh Ibadah. LP2I UMMAT.
Gaffara, G. R. (2022). Kegiatan Ramadan Positif Di Lingkungan SMA Negeri 63 Jakarta. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.
Hamzah, I., & Zunarti, R. (2022). MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP HAKIKAT DAN MAKNA IMSAK DI DUSUN RANTAU PANDAN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 125–129. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.938
Jannah, N., Nasarudin, N., Husnan, H., Helwani, A., Mujiburrahman, M., & Satrillah, F. (2023). Counseling For Teaching Arabic At Schools. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i2.20858
Khasinah, S., & Elviana, E. (2022). Need Analysis dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 837. https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17208
Nasarudin, & Husnan. (2023). Pelatihan Penerapan Konvensi Hak (KHA) Anak Dan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) di Madrasah. Income.
Nasarudin, Husnan, & Nurjannah. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi Guru Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qur’an Pagutan Mataram. Income. https://doi.org/doi.org/10.56855/income.v2i3.699
Nasarudin, & Syafii, A. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Bahasa Arab Ammiyah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab di Desa Sesela Lombok Barat NTB. IJOCS: Indonesian Journal of Community Servise, 1(1), 216–222.
Rifa’i, A. (2016). REVITALISASI FUNGSI MASJID DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MODERN. Universum. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.758
Saftari, M., S., S., Anisah, Nurhaliza, R., & Rasyid, A. (2021). KEGIATAN RAMADHAN BERSAMA PESERTA DIDIK DI SD NAMENG UNTUK MEMANTAPKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat.
Wiguna, S., Abdullah, Y., Rifai, M. L., Selvianti, & Dian. (2023). Pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan Sebagai Pendidikan Luar Sekolah Bagi Remaja Masjid Besitang Langkat Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al Quran. ADM. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.0000/adm
Copyright (c) 2024 Nasarudin, Husnan, Ahmad Helwani Syafii, Nurjannah, Suwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.