PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENGKADERAN STAF YANG BAIK PADA UMKM MITRA KOPERASI MAESTRO, PAMULANG

  • Siti Nur’aidawati Universitas Pamulang
  • Yhonanda Harsono Universitas Pamulang
  • Adji Widodo Universitas Pamulang
  • Chotamul Fajri Universitas Pamulang
  • Buchari E. Satiaputra Universitas Pamulang

Abstract

Koperasi memiliki sistem manajemen keuangan yang handal dan valid sehingga tata kelola koperasi yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong menuntut peran dan partisipasi aktif dari seluruh anggota. Pengelolaan keuangan dan pengkaderan staf keuangan koperasi yang tepat merupakan kegiatan penting yang dilakukan. Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki pengelolaan keuangan koperasi Maestro dan mitra kedepannya untuk menyajikan laporan keuangan koperasi sesuai standar akuntansi yang berlaku serta membantu memberikan solusi atas permasalahan kaitan dengan sumber daya manusia. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi survei, penyusunan proposal, perencanaan kegiatan, penyusunan materi pelatihan dan koordinasi dengan pihak terkait serta persiaan bahan dan alat peatihan. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan pelatihan teori dan praktek. Pelatihan ini melalui pemaparan materi dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Setelah dilaksanakan pelatihan ini pertama, peserta mengalami peningkatan pemahaman mengenai penyusunan laporan keuangan. Kedua, peserta mengalami peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam menginterpretasikan laporan keuangan sebagai bagian dari akuntabilitas koperasi. Ketiga, peserta mengalami peningkatan melalui kemampuan mengelola keuangan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
Nur’aidawati, S., Harsono, Y., Widodo, A., Fajri, C., & E. Satiaputra, B. (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENGKADERAN STAF YANG BAIK PADA UMKM MITRA KOPERASI MAESTRO, PAMULANG. Abdimas Awang Long, 4(1), 29-40. https://doi.org/10.56301/awal.v4i1.123