Pelatihan Desain Membuat Logo dan Video Promosi Kopi Lapas di Lapas Kelas 1 Malang

  • Otto Fajarianto Universitas Negeri Malang
  • Abdul Rahman Prasetyo Universitas Negeri Malang
  • Fuad Indra Kusuma Universitas Negeri Malang
  • Fikri Aulia Universitas Negeri Malang
  • M. Refqi Hidayatulloh Universitas Negeri Malang
  • Nadia Arianesya Universitas Negeri Malang
  • Shohwatul Hana Universitas Negeri Malang
Keywords: Desain logo, videografi, pelatihan, branding, Lapas Kelas 1 Malang

Abstract

Pelatihan desain logo dan video promosi yang diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan 1 Malang ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar dalam desain grafis dan videografi. Melalui perpaduan antara demonstrasi dan praktik langsung, peserta diperkenalkan dengan prinsip-prinsip dasar desain logo, seperti kesederhanaan, keunikan, dan relevansi visual, serta teknik dasar dalam membuat video promosi, meliputi storyboard, komposisi, dan pemilihan sudut kamera. Meskipun peserta tidak menghasilkan produk akhir berupa logo atau video promosi untuk produk Kopi Lapas, pelatihan ini memberikan dasar yang kuat dalam memahami visual branding dan komunikasi pemasaran. Hasil menunjukkan bahwa peserta memahami dan menerapkan konsep dasar yang diajarkan, namun diperlukan sesi tambahan untuk mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi. Antusiasme peserta mencerminkan keberhasilan pelatihan dalam memberikan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dalam upaya pemasaran di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, M. (2022). Video Marketing for Small Businesses. Business and Marketing

Review, 8(2), 34-42.

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo

sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(5), 2640-2651.

Arifudin, et al. (2021). The Role of Color in Branding and Marketing. Visual Studies,

(4), 89-100.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Agustina, R., Dwanoko, Y, S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan

Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi dan Inovasi, 4(1), 69-76.

Fernandez, D. (2024). Empowerment Through Skill Development in Correctional

Facilities. Journal of Social Work, 11(1), 102-120.

Johnson, P. (2021). Emotional Engagement Through Video Marketing. Journal of

Consumer Behavior, 18(1), 56-69.

Kadi, D. C. A., R. U. A. Fauzi, H.Purwanto. (2022) Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi

Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Wiryakarya.vol 01 no 01

Luzar, J. (2011).Color Psychology in Marketing. Marketing Insights, 9(3), 35-47.

Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan:

Ghalia Indonesia.

Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen sumber daya manusia strategik. Ghalia

Indonesia.

Miller, K. (2019). The Power of Promotional Videos in Marketing. Media Studies

Quarterly, 14(2), 78-90.

Muhammad Sholeh, Rr. Yuliana Rachmawati dan Erma Susanti. (2020). Penggunaan

Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM.Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan

Park, S., & Lee, H. (2018). Building Brand Loyalty Through Logo Design. Journal of Brand

Management, 22(3), 74-89.

Philipson, R., & Thomas, C. (2005). Logo design: Creativity and innovation. Allworth

Press.

Smith, J., & Brown, L. (2020). Marketing Coffee Through Visual Storytelling. Beverage

Marketing Journal, 6(3), 102-115.

Thompson, R., & Harris, K. (2023). Viral Video Strategies in Social Media Marketing.

Digital Marketing Journal, 15(1), 28-40.

Utami, A, D, W., & Hakim, L. (2016). Perancangan Desain Logo "LBH Sandhi Wafa &

Partners Counselor & Attorneys at Law". Jurnal Ilmu Komputer dan DKV, 1(1), 51-65.

Widyaiswara, D. (2018) Jenis - Jenis Metode Pelatihan yang Interaktif Balai Pendidikan

Dan Pelatihan Aparatur Badan Riset Dan SDM Kelautan Dan Perikanan. Diakses 13 Agustus 2023 melaluihttps://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif#:~:text=Menurut%20Endah%20(2018)%20jenis-,Kuliah%2Fceramah

Published
2025-01-28
How to Cite
Fajarianto, O., Prasetyo, A. R., Kusuma, F. I., Aulia, F., Hidayatulloh, M. R., Arianesya, N., & Hana, S. (2025). Pelatihan Desain Membuat Logo dan Video Promosi Kopi Lapas di Lapas Kelas 1 Malang. Abdimas Awang Long, 8(1), 128-136. https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1483