Optimalisasi Kemampuan Desain Grafis Remaja Dengan Pelatihan Aplikasi Canva di SMAN 01 Bengkulu Tengah

  • Sri Dwi Fajarini Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Rekho Adriadi Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Lucky Razika Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Keywords: Pelatihan Desain, Aplikasi Canva, Literasi Digital, Remaja, SMAN 01 Bengkulu Tengah

Abstract

Di era digital saat ini, remaja dituntut tidak hanya menjadi pengguna media, tetapi juga mampu menciptakan konten visual yang menarik dan bermakna. Salah satu alat yang dapat mendukung kemampuan tersebut adalah aplikasi Canva yang praktis dan mudah digunakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMAN 01 Bengkulu Tengah dengan tujuan membekali siswa keterampilan dasar desain melalui pelatihan grafis Canva. Program berlangsung dalam tiga sesi yang meliputi diskusi interaktif, pemaparan langsung, latihan mandiri, hingga evaluasi hasil karya peserta. Para siswa belajar mulai dari membuat akun, mengenal fitur Canva, hingga menghasilkan desain seperti poster dan infografis. Hasilnya, siswa menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dalam kemampuan mengolah visual serta rasa percaya diri dalam menuangkan ide kreatif secara digital. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya keterampilan teknis siswa, tetapi juga memberikan inspirasi bahwa teknologi bisa menjadi ruang ekspresi yang positif. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam memperkuat literasi digital di kalangan pelajar dan dapat diterapkan di lingkungan pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albaru Kurnia Fajri (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Meningkatkan Kemampuan mengedit

Catur Rohmiasih (2003). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan.

Darmawati, D. M. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Canva melalui metode service learning. Jurnal Pengabdian Pendidikan Digital, 4(1), 45–52.

Garris Pelangi. (2020). Kelebihan dan kekurangan penggunaan Canva dalam media pembelajaran digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 85–92.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Nugroho, (2017). cara penggunaan canva https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/

Raaihani. (2021). Desain pembelajaran kreatif dengan Canva. Jakarta: Literasi Digital Press.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran kreatif. Jurnal Abdimas Nusantara, 3(2), 337–344.

Ristiawan, R. (2013). Pelatihan penggunaan Canva sebagai media pembelajaran digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Digital, 2(1), 15–22.

Wulandari, R., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Canva dalam mengembangkan media pembelajaran digital siswa sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 110–118.

Published
2025-06-30
How to Cite
Fajarini, S. D., Adriadi, R., & Razika, L. (2025). Optimalisasi Kemampuan Desain Grafis Remaja Dengan Pelatihan Aplikasi Canva di SMAN 01 Bengkulu Tengah. Abdimas Awang Long, 8(2), 256-265. https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1652