Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Status Gizi Sebagai Indikator Keberhasilan Program Makan Bergizi Gratis Pada Siswa
Abstract
Gizi seimbang adalah makanan yang mengandung berbagai zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anak sekolah (pra-remaja) membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mengetahui pengetahuan siswa dalam pengenalan makanan gizi seimbang pada siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri 1 Windusengkahan. (2). Mengetahui status gizi sebagai indikator keberhasilan dalam pelaksanaan program makan bergizi gratis pada siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri 1 Windusengkahan. (3). Menganalisis hubungan pengetahuan siswa dalam pengenalan makanan bergizi seimbang dengan status gizi sebagai indikator keberhasilan dalam pelaksanaan program makan gizi gratis pada siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri 1 Windusengkahan. Objek penelitian pada penelitian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri 1 Windusengkahan dengan subjek penelitian siswa kelas 5 dan 6. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan one group pre-test and post-test design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah 45 responden. Pemberian intervensi dilakukan sekali sebelum di edukasi dan setelah di berikan edukasi. Analisis menggunakan uji Chi-square dengan α > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tingkat pengetahuan siswa dalam mengenal makanan bergizi seimbang yang dapat dilihat dari hasil perbandingan pada pre-test dan post-test namun peningkatan pengetahuan tersebut tidak diikuti keterlibatan peningkatan status gizi sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan program makan bergizi yang ditunjukkan dengan hasil p value 0,104. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan siswa dalam pengenalan makanan gizi seimbang dengan pelaksanaan program makan bergizi gratis.
Downloads
References
Arieska, p kanah. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Kesehatan. Medical Technology and Public Health Journal, 4(2), 203–211.
Fristika, Y. O., & Amallia, S. (2022). Hubungan antara pengetahuan tentang gizi seimbang terhadap status gizi mahasiswa prodi DIII Kebidanan STIK Siti Khadijah Palembang tahun 2021. Jurnal Kebidanan : Jurnal Medical Science Ilmu Kesehatan Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang, 12(1), 97–106. https://journal.budimulia.ac.id/index.php/kebidanan/article/view/301
Kemenkes. (2025). SSGI 2024. Kementrian Kesehatan RI. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Lestari, P. Y., Tambunan, L. N., & Lestari, R. M. (2022). Hubungan Pengetahuan tentang Gizi terhadap Status Gizi Remaja. Jurnal Surya Medika, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i1.3439
Putri, A. (2025). Journal of Nutrition in Child Development Impact of Malnutrition on Child Development: The Association Between Stunting and Cognitive Delays.
Rahmah, H. A., Anggraini, A., Nilasari, Y. P., & Salsabilla, E. P. (2025). Analisis Efektivitas Program Makan Bergizi Gratis Di Sekolah Dasar Indonesia Tahun 2025. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2), 2855.
Raut, S., KC, D., Singh, D. R., Dhungana, R. R., Pradhan, P. M. S., & Sunuwar, D. R. (2024). Effect of nutrition education intervention on nutrition knowledge, attitude, and diet quality among school-going adolescents: a quasi-experimental study. BMC Nutrition, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s40795-024-00850-0
Rayipratiwi, I. S., Rahayu, L. S., & Fitria, F. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Perilaku Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Di Wilayah Kabupaten Tangerang Tahun 2021. ARGIPA (Arsip Gizi Dan Pangan), 7(2), 154–161. https://doi.org/10.22236/argipa.v7i2.8139
SNEB. (2021). Nutrition Educator Competencies for Promoting Healthy Individuals, Communities, and Food Systems.
Valentin Valling, & Mahmudiono Trias. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Sarapan Bergizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5676–5681.
Copyright (c) 2025 Ratna Fitria Wulandari, Alfiani Rizqi, Muhammad Ikhsan Prawira Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.