PENYULUHAN ORANG TUA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Uswatun Khasanah Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Irma Ayuwanti Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Dwilita Astuti Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Misrodin Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Ayu Febriyanti Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Dinda Safitri Ardiyani Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
Keywords: Penyuluhan, Pemahaman konsep, matematika, Orangtua

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh anak usia sekolah dasar, adalah kemampuan dalam memahami konsep matematika, akan tetapi pada kenyataan di lapangan masih terdapat banyak anak-anak belum dapat memahami konsep matematika. Pemahaman konsep matematika tidak hanya harus dikuasai oleh anak-anak sekolah dasar saja, akan tetapi orang tua pun memiliki peran dalam mendampingi belajar anak-anak dan memiliki pengaruh yang besar untuk pengembangan kompetensi anak-anaknya, terutama dibidang matematika.  Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan penyuluhan terhadap orang tua yang memiliki anak usia SD, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman konsep matematika terhadap orang tua anak sekolah dasar di Desa Negara Ratu Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Sasaran dalam pengabdian masyarakat ni adalah semua orang tua yang memiliki anak di usia Sekolah dasar di Desa Negara Ratu Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Timur. Mengingat kegiatan ini berupa penyuluhan, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan diskusi/tanya jawab. Para Orang tua diharapkan dapat mengikuti penyuluhan dalam pemahaman konsep matematika ini, dengan harapan dapat mendampingi belajar anak-anaknya di rumah agar dapat mengerjakan tugas-tugas sekolah terutama pada pelajaran matematika yang dianggap sangat sulit selama ini, sehingg menjadi tidak sulit lagi dan menjadi menyenangkan serta menarik, sehingga kedekatan anak secara emosional terbangun dan komunikasi interaktif antar anak dan orang tua. Kegiatan penyuluhan ini memiiki manfaat dan pengaruh yang baik untuk membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan kemampuan dibidang matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bartell, Tonya Gau, Corey Webel, Brian Bowen, and Nancy Dyson. 2013. ―Prospective Teacher Learning: Recognizing Evidence of Conceptual Understanding. Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 16(1), pp: 57–79.
Barmby, Patrick, David Bolden, and Lynn Thompson. 2014. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Understanding and Enriching Problem Solving in Primary Mathematics. Northwich: Critical Publishing Ltd
FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 6 No. 1 Bulan Juni Tahun 2020 8 Understanding in Secondary School Chemistry: An Activity-Based Perspective.‖ International Journal of Science Education. Vol. 41(5), pp: 607–27.
Nirmalasari Yulianty. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa DenganPendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. JPMR 4(1)
Santrock, John. 2011. Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill.
Published
2023-06-30
How to Cite
Uswatun Khasanah, Irma Ayuwanti, Dwilita Astuti, Misrodin, Ayu Febriyanti, & Dinda Safitri Ardiyani. (2023). PENYULUHAN ORANG TUA ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Abdimas Awang Long, 6(2), 81-87. https://doi.org/10.56301/awal.v6i2.929