Pelatihan Pengelolaan Website Berbasis Content Management System Bagi PCM Bangsalsari

  • Hardian Oktavianto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ari Eko Wardoyo Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henny Wahyu Sulistyo Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Guruh Wijaya Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dudi Irawan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Zainul Arifin Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: CMS, WordPress, Website

Abstract

Salah satu aspek yang belum tersentuh adalah optimalisasi media sosial sebagai sarana dakwah dan informasi dengan menggunakan pemanfaatan internet khususnya website sehingga dapat diakses oleh masyarakat dengan lebih mudah. Adapun keterkaitannya dengan dakwah, peran media sangat penting dan strategis dalam upaya penyampaian dakwah, karena media mampu mengakses informasi dengan cepat dan tidak mengenal batas ruang dan waktu. Adapun permasalahan mitra adalah masih kurangnya wawasan mitra terutama tentang pemanfaatan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam mengoptimalkan dakwah secara digital, dan masih terbatasnya produk teknologi informasi yang digunakan, sehingga melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini akan diwujudkan tersedianya website untuk dakwah digital. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Sosialisasi dengan materi tentang konsep media digital telah dilakukan dengan diikuti oleh 12 orang peserta. Para peserta ini diharapkan dapat mengawal dan ikut terlibat aktif dalam pengelolaan dan pengawasan website PCM Bangsalsari yang dibuat. Perancangan dan pembuatan website PCM Bangsalsari menghasilkan webiste yang dibuat menggunakan CMS WordPress dan dapat diakses melalui URL atau alamat https://pcmbangsalsari.com/. Pelatihan dan Pendampingan Keterampilan penggunaan dan pengelolaan dilakukan secara daring melalui ruang virtual zoom. Jumlah peserta 9 orang. 3 aspek uji utama yang menjadi fokus dalam pengelolaan website yaitu membuat postingan, edit dan desain, dan troubleshooting. Hasil uji menunjukkan bahwa 89% menguasai keterampilan posting, 56% menguasai keterampilan desain grafis, dan 22% menguasai keterampilan troubleshooting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi. (2023, September). Retrieved from https://muhammadiyah.or.id/dakwah-digital-muhammadiyah-disarankan-menentukan-segmentasi-pasar-dan-fokus-isu/

Airlangga, P., Harianto, & Hammami, R. A. (2020). Pembuatan dan Pelatihan Pengoperasian Website Desa Agrowisata Gondangmanis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Informatika Vol. 1, No. 1, 9-12.

Hapsari, J. P., Khosyi’in, M., & Badie’ah. (2022). Pembuatan dan Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Indonesian Journal of Community Services Volume 4, No. 1, 22-30.

Haryono, W., T, T., Puspitasari, T., Maulida, R., & Hardi, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Mandiri Jakarta. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Volume: 2 Nomor: 1, 126-134.

Nuryanti, Subejo, Witjaksono, R., & Fathoni, M. (2019). Village Official Website and Inclusive Communication Approach in Empowerment of Villagers in Susukan Banyumas Central Java, Indonesia. 2019 IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 255 012047. IOP Publishing.

Purwanto, S. (2021, December 31). Retrieved from https://pwmu.co/222183/12/31/dakwah-digital-muhammadiyah-di-era-disrupsi/

Putra, I. L., Kurniawan, I., Amalya, A. A., Hikmah, N., Maulana, Y., & Sulthony, M. (2022). Pelatihan Pengembangan Website Desa Berbasis Content Management System (Cms) Wordpress Pada Desa Mantingan Dalam Mewujudkan Desa Digital. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Volume 6 Nomor 3, 1424-1429.

Setyaningsih, R., & Utama, S. N. (2021). Developing Community Information Group Website to Improve Digital Literacy. Journal of Physics: Conference Series 1808. IOP Publishing.

Published
2024-06-26
How to Cite
Hardian Oktavianto, Ari Eko Wardoyo, Henny Wahyu Sulistyo, Guruh Wijaya, Dudi Irawan, & Zainul Arifin. (2024). Pelatihan Pengelolaan Website Berbasis Content Management System Bagi PCM Bangsalsari. Abdimas Awang Long, 7(2), 194-201. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1155