Manajemen Pemasaran UMKM Jeruk Lemon dan Keripik Kentang di Desa Wisata Margaluyu

  • Rahayu Tri Utami Universitas Ichsan Satya
  • Edy Sambodja Universitas Ichsan Satya
  • Nurhadinah Universitas Ichsan Satya
  • Peralina Siahaan Universitas Ichsan Satya
Keywords: Manajemen Pemasaran, UMKM, Perekonomian, usaha mikro

Abstract

Secara umum, UKM atau yang biasa dikenal dengan usaha kecil menengah merupakan sebuah istilah yang mengacu pada suatu jenis usaha yang didirikan oleh pribadi dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000,00 (belum termasuk tanah dan bangunan). Seorang pelaku usaha telah melakukan pengorganisasian terhadap sumber daya yang dimiliknya dalam ruang dan dimensi yang terbatas dan berusaha mengoperasikan sebagai kegiatan usaha guna mencapai laba. Termasuk usaha kecil dan menengah adalah semua pedagang kecil dan menengah, penyedia jasa kecil dan menengah, petani dan peternak kecil dan menengah, kerajinan rakyat dan industri kecil, dan lain sebagainya, misalnya warung di kampung-kampung, toko kelontong, koperasi serba usaha. Koperasi Unit Desa (KUD), toko serba ada jeruk lemon, kentang, cabe sebagainya. Usaha industri (termasuk kerajinan rakyat), adalah kegiatan usaha yang merubah bentuk dari bahan mentah menjadi barang jadi yang siap dipakai, misalnya pabrik sepeda, pabrik sepatu, pabrik tahu, kerajinan anyaman topi, konveksi, kerajinan tanah liat, dan sebagainya. Usaha pertanian, peternakan, dan perikanan adalah kegiatan produksi yang berupa mengembangbiakkan tanaman dan hewan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau pendapatan. Usaha pertambangan dan galian adalah kegiatan untuk mengangkat bahan-bahan dari dalam atau dari permukaan tanah agar dapat diproses lebih lanjut. Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap perekonomian. Namun, berbagai program pemberdayaan UMKM yang telah dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga hasilnya belum optimal. Sebab itu, sinkronisasi dan harmonisasi program pemberdayaan UMKM diperlukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan program, sehingga bisa meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah Fidela, Aprinaldi Pratama, Tita Nursyamsiah, Development Of Micro Small and Medium Enterprises (Smes) With The Marketing Program Of Guava Village In Jambu Village, Sumedang District, Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Mei 2020, Vol 2 (3) 2020 : 493-498

Anggraini, Dewi dan Nasution, Syahrir Hakim. 2013.Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM Di Kota Medan (Studi Kasus Bank BRI. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol.1.No(3). Hal:105-116.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing . International Journal of Management, 8(10), pp 321–339.

Billy Sandy Fajar. (2023). https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/permasalahan-umkm. Diunduh 14 November 2023 Pkl. 10.15;

D. Sunyoto, konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen, 2012;

Darwanto. 2013. Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi Dan Kreativitas (Strategi PEnguatan Property Right Terhadap Inovasi Dan Kreativitas). Jurnal Bisnis dan Ekonomi(JBE).Vol.20.No(2).Hal:1 42-149.

Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat, PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL

Kecamatan Blimbing, Kota Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1286-1295.

Idris yanto, 2009. Sektor UMKM di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOSNOMOS. Volume 2, Nomor 1/ Januari 2009. ISSN 1979-1607. LPPEB FIS – UNG Inc.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-VI (November), hal 95–112.

J. Hendri, Jorunal Article Riset Pemasaran, 2013.

Jeni Andriani, S.S., S.E., M.M. , dkk, “Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan UMKM”, Penerbit Adab CV. Adanu Abimata, Juni 2022.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Peran Usaha Mikro, kecil, dan Menengah dalam Pembangunan Ekonomi Nasional; Sasaran Pembangunan Ekonomi (Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, 2005).

Mochamad Reza Rahman1, Muhammad Rizki Oktavianto2, Paulinus3, Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia, E-Jurnal Ekonomi. Pembangunan Universitas Udayana.Vol.3.No(12)Hal:549- 557.

Sam'un Jaja Raharja, Sari Usih Natari, PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL, Jurnal Abdimas KUMAWULA, Vol 4 No. 1 (2021).

Sudati Nur Sarfiah1 , Hanung Eka Atmaja.2 , Dian Marlina Verawati.3, UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA MSMES THE PILLAR FOR ECONOMY, Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) Volume 4 Nomor 2 2019.

Sudirjo Frans, et. al. (2022). Riset Pemasaran. Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi.

Sugiono, 2003 Metode Penelitian Bisnis, Alpabeta, Bandung https://chat.openai.com/share/d142666c-1849-46ce-8de9-e85982b2d3b.

Sukesi. (2020). Riset Pemasaran Disertai Contoh Kasus dan Studi. Jawa Timur:Unitomo Press.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah.

UU RI Nomor 20 Tahun 2016.

Published
2024-06-22
How to Cite
Rahayu Tri Utami, Edy Sambodja, Nurhadinah, & Peralina Siahaan. (2024). Manajemen Pemasaran UMKM Jeruk Lemon dan Keripik Kentang di Desa Wisata Margaluyu. Abdimas Awang Long, 7(2), 101-109. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1157