Pelatihan Pembuatan Instagram Bisnis UMKM Tenun Ulos Pada CV Leo Ulos

  • Juliansen Purba Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas HKBP Nommensen
  • Romindo M Pasaribu Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas HKBP Nommensen
  • Krismanto E.T Naibaho Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas HKBP Nommensen
Keywords: Instagram, Pemasaran Online, UMKM

Abstract

Salah satu ujung tombak dalam operasional usaha maupun bisnis adalah bidang pemasaran. Pemasaran menjadi kunci dimana produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diterima atau tidak. Peran yang penting ini menjadi tantangan manajemen agar dapat mengelola bidang pemasaran ini dengan lebih optimal. Salah satu pengelolaan yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dan menyesuaikan pemasaran dengan teknologi digital yang sangat berkembang saat ini. Permasalahan yang ada pada pelaku UMKM CV Leo Ulos ini yakni, pengetahuan yang kurang detil terhadap pemahaman maupun penggunaan media pemasaran online serta kurangnya pengetahuan terkait pemilihan aplikasi media sosial dalam pemasaran produk. Solusi yang dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang pemahaman media sosial yang tepat dari berbagai pilihan yang ada sebagai salah satu sarana yang nantinya dapat digunakan bagi pelaku usaha UMKM di CV Leo Ulos dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu observasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi serta monitoring. Dalam kegiatan PKM ini antusias peserta pelaku UMKM sangat besar untuk mengetahui, memahami dan mempaktekkan penggunaan instagram sebagai sarana pemasaran secara online. Dimana Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan peserta maupun pelaku UMKM mengenai instagram yang dapat digunakan sebagai media pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, W. P., Fauriski, M. I., Nurfaizah, N., Umamah, A., & Sari, A. I. (2022). Optimalisasi Greenhouse sebagai Media Edukasi dan Kewirausahaan di SMP Negeri 1 Kwanyar Bangkalan. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 209. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.538

Prijambada, I. D., Widodo, Susanti, D. Y., Saputro, A. D., Kusumaatmaja, A., & Triyannanto, E. (2019). Key Perfomance Indicators UMKM. 123.

Qurniawati, R. S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Among Makarti, 11(1), 17–27. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.159

Rahmawati SE., MM., D. (2016). Manajemen Pemasaran. In T. Fitriastuti & Kiswanto (Eds.), 1 (1st ed., p. 144). Mulawarman University Press.

Simanjuntak, J., Erick, K., & Naibaho, T. (2023). Pengembangan Desain Kemasan Makanan (Yoghurt Susu Horbo di desa Huta Tinggi Kabupaten Samosir). Jabb, 4(1), 2023.

Wahyujatmiko, S., & Yon Hadi, I. (2018). Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(2), 100–120. https://doi.org/10.18196/bti.92104

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). Buku Manajemen Pemasaran (Issue April, p. 79). DEEPUBLISH.

Published
2024-06-24
How to Cite
Juliansen Purba, Romindo M Pasaribu, & Krismanto E.T Naibaho. (2024). Pelatihan Pembuatan Instagram Bisnis UMKM Tenun Ulos Pada CV Leo Ulos. Abdimas Awang Long, 7(2), 156-162. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1211