Inovasi Produk dan Kreativitas dalam Pengembangan UMKM Gula Aren sebagai Ekonomi Pariwisata di Desa Tanjung Lesung

  • Annisa Anindya Program Studi S1 Manajemen Retail Fakultas Ilmu Ekonomi - Universitas Ichsan Satya, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Irma Shantilawati Program Studi S1 Manajemen Retail Fakultas Ilmu Ekonomi - Universitas Ichsan Satya, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Amy Septrina Tampubolon Program Studi S1 Manajemen Retail Fakultas Ilmu Ekonomi - Universitas Ichsan Satya, Tangerang Selatan, Indonesia
Keywords: UMKM Gula Aren, Kemampuan Inovasi, Kreativitas

Abstract

Permasalahan yang saat ini dihadapi UMKM di Desa Tanjung Lesung adalah inovasi produk dan kreativitas dalam mengembangkan UMKM Gula Aren. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan inovasi dan kreativitas pada UMKM Gula Aren mulai dari produksi gula Aren, serta strategi pengembangan produksi gula Aren dan pemasaran gula Aren pada industri gula milik beberapa anggota kelompok di Desa Tanjung Lesung. Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat dengan penyuluhan dan observasi. Hasilnya, rata-rata nilai pada post test lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pada pre-test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggarini, D. R. (2021). Kontribusi Umkm Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 345–355.

Asiyah, B. N., Mashudi, Wahyu Nurhayati, D. A., & Oktavia, N. T. (2023). Peran PLUT - UMKM Dalam Proses Pendampingan dan Kerjasama Permodalan UMKM di Kabupaten Tulung Agung. Jurnal Ekuilnomi, 5(1), 116–122.

Deswiniyanti, N. W., Susanto, P. C., & Martini, K. (2017). Pendampingan Petani Gula Aren di Desa Karyasari Kabupaten Tabanan. 1(2), 104–108.

Makkarennu, Supratman, Syahidah, & Yumeina, D. (2022). Peningkatan Pengetahuan Kelompok Tani Aren melalui Pelatihan Usaha Gula Aren di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Agrokreatif, 8 (2), 146-152.

Pohon, J., dan Audy W. (2014). Perbaikan Proses Pembuatan Gula erah Aren di Pabrik Gula Aren Masarang Tomohon. Jurnal MIPA UNSRAT Online, 3 (2) 68-73.

Setiawan, R. I. (2013). Strategi Pemasaran Pendukung Sektor Pariwisata: Perspektif Marketing Mix Dan Balanced Scorecard (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (Umkm) Di Kota Blitar). Jurnal Kompilek, Vol. 5, N0. 2.

Syarif, A. H., Hudallah, S., Azriansyah, Q., Putri, I. L., & Nopriyanti, N. (2023). Pemberdayaan UMKM Gula Aren Berbasis Kearifan Lokal di Desa Kota Jawa Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 311–320.

Published
2024-06-20
How to Cite
Anindya, A., Shantilawati, I., & Tampubolon, A. S. (2024). Inovasi Produk dan Kreativitas dalam Pengembangan UMKM Gula Aren sebagai Ekonomi Pariwisata di Desa Tanjung Lesung. Abdimas Awang Long, 7(2), 127-134. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1222