PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENGKADERAN STAF YANG BAIK PADA UMKM MITRA KOPERASI MAESTRO, PAMULANG
Abstract
Koperasi memiliki sistem manajemen keuangan yang handal dan valid sehingga tata kelola koperasi yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong menuntut peran dan partisipasi aktif dari seluruh anggota. Pengelolaan keuangan dan pengkaderan staf keuangan koperasi yang tepat merupakan kegiatan penting yang dilakukan. Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki pengelolaan keuangan koperasi Maestro dan mitra kedepannya untuk menyajikan laporan keuangan koperasi sesuai standar akuntansi yang berlaku serta membantu memberikan solusi atas permasalahan kaitan dengan sumber daya manusia. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi survei, penyusunan proposal, perencanaan kegiatan, penyusunan materi pelatihan dan koordinasi dengan pihak terkait serta persiaan bahan dan alat peatihan. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan pelatihan teori dan praktek. Pelatihan ini melalui pemaparan materi dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Setelah dilaksanakan pelatihan ini pertama, peserta mengalami peningkatan pemahaman mengenai penyusunan laporan keuangan. Kedua, peserta mengalami peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam menginterpretasikan laporan keuangan sebagai bagian dari akuntabilitas koperasi. Ketiga, peserta mengalami peningkatan melalui kemampuan mengelola keuangan usaha.