Workshop Penanganan Cedera Olahraga dan Pelatihan Penggunaan Kinesioteping pada MGMP PJOK Kabupaten Semarang

  • Guntur Ratih Prestifa Herdinata Universitas Ngudi Waluyo
  • Aristiyanto Aristiyanto Universitas Ngudi Waluyo
  • Siti Haryani Universitas Ngudi Waluyo
  • Fredy Eko Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: Kinesiotaping, Penangan Cedera Olahraga, MGMP PJOK

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PJOK Kabupaten Semarang merupakan forum profesional guru yang menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk edukasi pertolongan pertama pada cedera olahraga. Workshop dan pelatihan penggunaan kinesiotaping ini adalah pelatihan pertama yang mereka tawarkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penanganan cedera olahraga. Tes pengetahuan awal, penyampaian materi, praktik, diskusi, dan tes pengetahuan akhir adalah metode yang digunakan untuk melaksanakan pelatihan ini. Jumlah peserta adalah 30 orang (seluruh anggota MGMP PJOK Kabupaten Semarang). Temuan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami pelatihan, 48% mengalami peningkatan berasal dari pengetahuan awal dan akhir. Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan diterima dengan baik oleh peserta, sehingga dapat dikatakan bahwa itu sangat berhasil dan bermanfaat. Kesesuaian materi dengan hasil evaluasi peserta menunjukkan keberhasilan ini. Selain itu, tanggapan positif dari peserta menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat diharapkan peserta. Pelatihan ini membantu mereka menangani masalah dan memahami lebih dalam tentang cedera olahraga, serta melayani pendidikan olahraga kesehatan siswa yang memiliki kebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. 1998. Buku Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Gatot Suitrisno, (2011). Seminar MGMP Tentang Kiat Menjadi Guru Penjas Yang Professional. https://lib.unnes.ac.id/7933/1/10328.pdf

Kumbrink, Birgit. (2012). K Taping An Illustraded Guide. Berlin. Springer-Verlag Heidelberg.

Mostafavifar, M. Wertz, J. Borchers, J. (2012). A systematic review of the effectiveness of kinesio taping for musculoskeletal injury. Columbus.

NA. Ametembun. (1974). Manajemen Kelas(Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru). Bandung: FIK IKIP Bandung.

Page, G.Terry and JB. Thomas. (1977). International Dictionary of Education. New York: Nicholas Publishing Co.

Picolo, Brian John. (2013). “Kinesiology Taping”. (http://www.brianjohnpiccolo.com/imielectives/KT_Student.)

Sri Hidayati, Idris Noor, dkk. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA. Jakarta. Puslitjakbud : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Schmenk, Barbara, PT, DPT, CLT, CKTP., Stibel, Katrina, MA, AT. (2014). Principles of Kinesiotapping. German.

Thelen MD, Dauber JA, Stoneman PD. The clinic a lefficacy of kinesiotaping for shoulder pain: a randomized, double- blinded, clinical trial. J Orthop Sports Phys Ther (2008); 38 (7): 389-95.

Published
2024-06-22
How to Cite
Herdinata, G. R. P., Aristiyanto, A., Haryani, S., & Eko, F. (2024). Workshop Penanganan Cedera Olahraga dan Pelatihan Penggunaan Kinesioteping pada MGMP PJOK Kabupaten Semarang. Abdimas Awang Long, 7(2), 92-100. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1237