Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Masyarakat Binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas 2A Di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Rasa nasionalisme adalah rasa cinta tanah air dan bela negara. Sikap ini merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, termasuk warga binaan pemasyarakatan. Namun, banyak warga binaan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas 2A Pontianak di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, belum memahami hal ini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada mitra tentang pentingnya rasa nasionalisme dan semangat nasionalisme pada para narapidana, agar nantinya mereka dapat berperan aktif dan percaya diri ketika kembali ke masyarakat setelah bebas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dengan bantuan presentasi PowerPoint. Tim pelaksana kegiatan juga membagikan brosur kepada mitra yang berisi gambar pahlawan nasional Indonesia, simbol-simbol negara, lagu-lagu nasional, peta wilayah NKRI, dengan harapan dapat meningkatkan wawasan atau pengetahuan mengenai nasionalisme dan semangat patriotisme. Setelah penyuluhan, dilakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan, yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai pentingnya rasa nasionalisme oleh para mitra, dan mitra telah memahami bahwa membela negara adalah kewajiban setiap warga negara. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mitra dalam menjawab kuis yang berisi pertanyaan terkait nasionalisme setelah diberikan edukasi atau materi. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah terbukti meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta.
Downloads
References
Andriani, H. F., & Subroto, M. (2021). Perlakuan Terhadap Narapidana Disabilitas Dalam Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6061–6069. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1912/1688
Asriati, N., Syamsuri, S., Wardani, S. F., Tairas, A., Wiwik, V., Lestari, T. A., Venny, S., & Tella, R. S. (2023). Edukasi Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Anugerah, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/ANUGERAH.V5I1.5568
Astuti, H., Sari, M. R., Madinah, M., & Murni, D. (2024). Pendidikan Kesehatan Tentang Kanker Serviks dan Payudara Serta Pemeriksaan Iva Dan Sadari Pada Wanita Usia Subur: J.Abdimas: Community Health, 5(1), 15–20. https://doi.org/10.30590/JACH.V5N1.738
Bungati, Mansyur Hamdani, I., & Alang, H. (2022). Efektivitas Metode Improve Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Masamba. Guru Membangun, 41(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/gm.v41i1.54506
Hafsah, Alang, H., & Sri Yusal, M. (2022). Peningkatan Pengetahuan “Penyakit Kanker Prostat” pada Masyarakat Dusun Mapung Buttu Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 01–06. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif/article/view/392
Hafsah, H., Alang, H., Hastuti, H., & Yusal, M. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Penyakit Degeneratif Pada Masyarakat Petani di Desa Laliko Sulawesi. Kreativasi : Journal of Community Empowerment, 1(2), 63–71. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i2.23735
Hamidah, N., Afidah, I. N., Setyowati, L. W., Sutini, S., & Junaedi, J. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15–24. https://doi.org/10.37303/JELMAR.V1I1.2
Hartini, H., Apriyanti, E., & Alang, H. (2022). Pelatihan Microsoft Office kepada Remaja di Desa Kindang. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.54259/PAKMAS.V2I1.815
Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembelajaran Pkn. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4970–4979. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1570
Novianto, P., Nuraeni, E., & Ag, M. (2021). Implementasi tridharma perguruan tinggi melalui pengabdian partisipatif. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(8), 72–82. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/164
Rohi, Y. A., Pello, J., & Amalo, H. (2024). Bentuk Pembinaan dan Hambatan-Hambatan yang Dialami Lembaga Pemasyarakatan dalam Pembinaan Narapidana Perempuan. Jurnal Hukum Bisnis, 13(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/JHB.V13I01.3324
Safitri, P. A., & Wijaya, R. (2022). Implementasi Program Pembinaan Kepribadian sebagai Upaya Membangun Karakter Nasionalis Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 945–960. https://doi.org/10.26740/KMKN.V10N4.P945-960
Sahat Maruli Tua Situmerang. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian, 1090–1098. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/271/147
Subadra, K., Gede, D., Mangku, S., Putu, N., & Yuliartini, R. (2023). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN TERKAIT PEMBINAAN KEPRIBADIAN TERHADAP RESIDIVIS NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B SINGARAJA. Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis, 3(3), 122–134. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JIH/article/view/2607
Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media Hide Dan Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 180–188. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2545
Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Syamsuri, Hafsah, Alang, H., Hasyim, A., & Yunus, M. (2023). Praktik Pengabdian Masyarakat Melalui Edukasi Pencegahan Stunting di Desa Kanje Campalagian Polewali Mandar Sulawesi Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 448–454. https://doi.org/10.33394/JPU.V4I2.7429
Copyright (c) 2024 Sutrisno, Mahin Ridlo Ronas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.