Pendampingan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efesiensi Pemasaran pada UMKM Omah Jamu

  • Tri Laura Tresia Sinaga Akuntansi, Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Azfa Mutiara Ahmad Pabulo Akuntansi, Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Digital Marketing, Sosial Media, UMKM

Abstract

Seperti yang diketahui, penggunaan internet dan teknologi di masyarakat sangat luas, sehingga dapat digunakan sebagai akses pemasaran ataupromosi pelaku UMKM. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik minat konsumen dengan cepat. Namun, kurangnya kemampuan dan keterampilan tentang digital marketing menjadi kendala terhadap pelaku UMKM. Untuk mengatasi masalah ini, akan diadakan pelatihan mengenai cara menggunakan dan memanfaatkan pemasaran digital untuk memasarkan produk jasa yang akan di jual. Manfaat dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan panduan dan cara media pemasaran digital, yaitu Instagram dan Whatsapp Business, sebagai alay promosi. Metode yangdigunakan adalah kegiatan ini meliputu pendampingan dan pelatihan langsung kepada pelaku UMKM, melaluli tahapan observasi, wawancara, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini, para pelaku UMKM mulai memahami dan merasa terbantu dengan penggunaan Instagram dan WhatsApp Business dalam memasarkan produk dan jasa mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Pabulo, A. M., & Sutardi. (2021) Teman UMKM sukses merintis usaha di masa Pandemi. CV.Danadyaksa, DIY

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Edi Irawan, H. S. N. A. S. H. F. F. F. (2022). Pelatihan Pendampingan Google Bisnisku Dan Sahabat Umkm Bagi Para Pelaku Usaha Umkm Di Desa Sebewe. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 730–736. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/563

Gede, I., Putra, J. E., Pradnyandari, A., Erawan, D., Aditya, W., Juniarta, W., Made, I., Permana, A. S., & Baskara, W. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Digital Umkm Desa Keramas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 200–205. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3880

Pabulo, A. M. A., & Astuti, T. D. (2024). PASAR KOMUNITAS PINUS ASRI, STRATEGI PEMASARAN. 2(1), 1–10.

Windyaningsih, D. A., & Nugraeni. (2023). Mengenal Dunia Digital Edukasi dan Pendampingan Digital Marketing Kepada UMKM. 2(4), 57–62.

Budy widjaja subali, muhammad izharuddin, andhika putra wicaksono. (2023). Modul Pendampingan Umkm Terstruktur : Menyiapkan UMKM Naik Kelas.

Sari, F. P., Liantifa, M., Yuliasih, M., & Dkk. (2023). Strategi Pengembangan & Pemasaran UMKM. In Sonpedia, Publishing Indonesia (Nomor August). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Published
2024-06-22
How to Cite
Sinaga, T. L. T., & Pabulo , A. M. A. (2024). Pendampingan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efesiensi Pemasaran pada UMKM Omah Jamu . Abdimas Awang Long, 7(2), 80-85. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1247