Pendampingan Program Strategi Digital Marketing dan Pengelolaan SDM Pada Bisnis “Mie Lethek Cap Garuda”
Abstract
Era digital membawa tantangan dan peluang bagi bisnis, terutama UMKM seperti "Mie Lethek Cap Garuda". Masalah utama yang dihadapi UMKM adalah terkait dengan pemasaran dan akses informasi pasar. Program pendampingan strategi digital marketing dan pengelolaan SDM dilakukan untuk membantu UMKM mengatasi masalah ini. Program dilakukan selama satu hari dengan melibatkan 6 karyawan dan pemilik pabrik Mie Lethek. Kegiatan meliputi rebranding logo, sosialisasi digital marketing melalui Instagram, dan pembuatan akun media Instagram. Metode Community Development digunakan untuk menganalisis kebutuhan mitra dan memberikan solusi. Program pendampingan memberikan pelatihan digital marketing kepada pemilik dan karyawan Mie Lethek, serta pembaruan logo. Tujuan program ini adalah meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM melalui implementasi digital marketing. Diharapkan program ini dapat membantu Mie Lethek berkembang lebih luas baik di dalam maupun di luar negeri.
Downloads
References
Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259-278.
Bhattacharya, J. (2004). Berteori Pengembangan Masyarakat. Pengembangan Masyarakat , 34 (2), 5-34.
Hasan, G., & Chang, J. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Sari Laut KPK di Kota Batam. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 366-374.
Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM Di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379-390.
Noor, I. H. (2010). Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285-297.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65-75.
Wahyuni, N. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas, dan Packaging Terhadap Minat Pembelian
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4).
Copyright (c) 2024 Witnes Disnari Putriana, Anis Dyah Pramesti, Febina Br Bukit, Isti Nurul Hidayah, Dwi Agus Sulis Setiowati, Ayu Romauli Octisa, Dwina Elvrida E Sianipar, Nawal Fachkri, Veronika Angel Hera Novita, Rila Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.