PENDAMPINGAN BUDAYA BACA DI PANTI ASUHAN PUTRA-PUTRI MUHAMMADIYAH SORONG

  • Andy Selle Mario Universitas Islam Malang
  • Harmaman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Tri Candra Wulandari Universitas Islam Malang
Keywords: panti asuhan, pertukaran mahasiswa merdeka, budaya baca

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat membaca anak panti melalui kegiatan budaya baca. Panti asuhan ini terletak di Malaingkedi, Kec. Sorong Utara, Kota Sorong, Papua Barat. Panti ini menerima semua tingkat usia dan jenis kelamin. Mayoritas anak panti tidak bisa membaca, dan untuk anak panti yang sudah lulus SMA terutama anak panti perempuan, tidak melanjutkan sekolah. Minimnya bahan bacaan di panti juga menjadi salah satu faktor anak-anak ini tidak mahir membaca. Melalui kegiatan pengabdian ini, tim pengabdian yang terdiri dari mahasiswa pertukaran merdeka, pada program PMM3 mengajarkan budaya baca mulai dari mengenalkan huruf hingga dapat membaca. Penambahan bahan bacaan diperoleh dari donasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, R. (2019). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Program Budaya baca Sekolah. Jurnal Pendidikan Budaya baca, 5(2), 101-115.

Kurniawan, A. (2018). Budaya baca sebagai Kunci Pembangunan Karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 45-55.

Nurhayati, D., & Sari, A. (2021). Peran Komunitas dalam Meningkatkan Budaya baca Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(1), 76-85.

Setiawan, A., & Rahman, I. (2020). Tantangan Pendidikan di Panti Asuhan: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosial, 12(3), 199-210.

Published
2024-01-31
How to Cite
Mario, A. S., Harmaman, & Wulandari, T. C. (2024). PENDAMPINGAN BUDAYA BACA DI PANTI ASUHAN PUTRA-PUTRI MUHAMMADIYAH SORONG. Abdimas Awang Long, 7(1), 63-66. https://doi.org/10.56301/awal.v7i1.1305