Peran Serta Dosen Pendamping Di Lembaga Bimbingan Belajar INTI Balikpapan

  • Puji Saksono Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Gunawan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Budha Maryanti Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Sadat N.S. Sidabutar Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Marsius Ferdnian Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
Keywords: Bimbel INTI, Dosen Pendamping, Kualitas pembelajaran

Abstract

Peran dan prospek usaha bimbel masih menjanjikan, seiring sulitnya mata pelajaran di sekolah sekarang. Hal ini salah satu penyebab para orang tua siswa lebih memilih mendaftarkan anaknya ke bimbel atau les privat agar anaknya memahami mata pelajaran di sekolah. Bimbel INTI hadir menjadi solusi bagi para orang tua siswa di kota Balikpapan. Bimbel INTI Balikpapan memiliki program yang membantu siswa semakin sukses dan berprestasi dengan menggunakan metode belajar dan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. Tempat dan waktu pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yaitu di Lembaga Bimbingan Belajar INTI, dengan alamat Jl. Ketinjau I No. 20 RT. 16 Kel. Gunung Bahagia Kec. Balikpapan Selatan kota Balikpapan. Waktu pelaksanaan PKM yaitu bulan Juli 2023 s/d Juni 2024. Peran dosen pendamping dalam melaksanakan PKM ini sangatlah penting sesuai dengan bidang keilmuannya. Adapun tugas dosen pendamping yaitu membantu memperdayakan secara maksimal potensi sumber daya manusia (SDM) para guru bimbingan belajar dan tenaga penunjang agar bisa meningkatkan kompetensi sesuai dengan tugas pada bidangnya masing-masing, sehingga outputnya mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dibandingkan dengan bimbel lainnya. Perubahan kurikulum dan metode pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) agar dapat menjadi lembaga yang berkualitas dan ungggul. Monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dilakukan secara rutin agar tujuan lembaga bimbingan belajar dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Saman, Agustan Arifin. (2018). Bimbingan dan Konseling Belajar. Pendidikan Deepublish. Yogyakarta.

Adrian, Eko Saputro, Rio Arintoko, Rudy Wahyudi. (2021). Ladang Duit Dari Bisnis Bimbel, Modal Minim Untung Besar. Andi Publisher. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan (Statistics Balikpapan); https://balikpapankota.bps.go.id/id; tanggal 28 Juli 2024

Jahju Hartanti. (2023). BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR; Upaya Pemenuhan Kebutuhan Akademik dan Pengembangan Potensi Individu. Penerbit Madza Media. Bojonegoro.

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Pustaka Remaja. Cirebon.

Nurussalami, Julvita Julianti. (2021). PENGELOLAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR. Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry Vol. 10 No.1, Edisi Januari- Juni 2021. pp.53-72

Prasetya I., Ulima, E. T., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKNDik, pp.30-34. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Surakarta.

Resti Septikasari, Tri Ratna Dewi, Sugiarti, Nor Kholidin, Zulaikha Wulandari. (2023). Manajemen Lembaga Bimbingan Belajar “Cleona Course” Dalam Meingkatkan Prestasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 5 No. 2, pp.83-89, July, 2023.

Rusmawati Y., Santoso A. (2019). Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2 No.2. pp.36-43. Universitas Islam Lamongan (UNISLA). Lamongan.

Sedana Yasa. (2014). Bimbingan Belajar. Graha Ilmu dan Undiksha Press. Jogyakarta.

Published
2025-01-14
How to Cite
Saksono, P., Gunawan, Maryanti, B., Sidabutar, S. N., & Ferdnian, M. (2025). Peran Serta Dosen Pendamping Di Lembaga Bimbingan Belajar INTI Balikpapan. Abdimas Awang Long, 8(1), 108-114. https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1322