Peningkatan Keterampilan Editing Video Sinematik Melalui Pelatihan Aplikasi CapCut pada Siswa SMPN 06 Bengkulu Tengah

  • Sri Dwi Fajarini Prodi Ilmu komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Mukhlizar Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Imam Turmudi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Keywords: Aplikasi Capcut, Mengedit, Pelatihan, Video Sinemati

Abstract

SMPN 06 Bengkulu Tengah adalah sekolah yang terletak di Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah dimana sekolah ini terletak di lokasi yang strategis, menjadikannya pilihan utama bagi banyak siswa. Selain itu, sekolah ini didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas tinggi, sehingga menarik minat para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sini. Pendidikan SMP adalah jenjang pendidikan formal yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki Sekolah Menengah Atas. Pada usia ramaja seperti ini siswa harus dikenalkan dengan teknologi yang canggih karena anak milenial atau generasi-Z harus banyak menggunakan sistem teknologi yang terkenal dan lagi marak-maraknya sekarang yakni aplikasi capcut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengedukasi siswa bagaimana menggunakan aplikasi Capcut sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan siswa/i SMP 06 Bengkulu Tengah, mengembangkan ide-ide siswa/i SMP 06 Bengkulu Tengah, dan meningkatkan keterampilan siswa/i SMP 06 Bengkulu Tengah. Pelatihan yang dilakukan ini tidaklah mudah, diperlukan banyak strategi untuk membuat aplikasi Capcut mudah diterima dan dipahami siswa. Salah satu metode untuk mencapainya adalah memberikan penjelasan kepada siswa tentang pengertian aplikasi Capcut, kelebihan dan kekurangan, serta fungsi dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi capcut serta langsung melakukan pelatihan kepada siswa agar siswa benar-benar memahaminya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 68% siswa SMPN 06 Bengkulu Tengah memahami materi tentang Cara Menggunakan Aplikasi Capcut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Domi, I. (2017). The Effect of Using Authentic Videos on Training Center and Community Service Students' Prosodic Competence and Motivation. Arab World English Journal, 8, 85-100. https://doi.org/10.24093/awej/vol8no4.6

Andhika, D., & Wahono, S. (2024). UTILIZING CAPCUT TO FOSTER CREATIVE WRITING SKILLS IN EFL STUDENTS: A DIGITAL MEDIA APPROACH. English Review: Journal of English Education. https://doi.org/10.25134/erjee.v12i2.9808.

Cao, Y. (2011). Basic Thinking of Video Editing. , 99-104. https://doi.org/10.1007/978-3-642-23023-3_14.

Duffy, B., Pinch, A., Sannon, S., & Sawey, M. (2021). The Nested Precarities of Creative Labor on Social Media. Social Media + Society, 7. https://doi.org/10.1177/20563051211021368

Suprayitno, F., & Yulina, S. (2007). The Editing Process Making Video Formats to Dvd Using Sony Vegas Pro 8.0.. Information Systems, 130305.

Farrow, D., & Abernethy, B. (2002). Can anticipatory skills be learned through implicit video based perceptual training?. Journal of Sports Sciences, 20, 471 - 485. https://doi.org/10.1080/02640410252925143.

Macapugas, D., Dagami, R., & Anadia-Macapugas, A. (2024). Assessing the Proficiency and Factors Influencing Public High School Science Teachers’ Video Editing and Production Skills for Enhanced Instructional Presentations. International Journal of Research and Innovation in Social Science. https://doi.org/10.47772/ijriss.2023.7012093.

Mauroner, O. (2016). Social media for the purpose of knowledge creation and creativity management - a study of knowledge workers in Germany. International Journal of Learning and Intellectual Capital, 13, 167-183. https://doi.org/10.1504/IJLIC.2016.075694

Meidi, M., & Zakaria, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Aplikasi Capcut untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Videografi di SMK PGRI Ciawigebang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1705.

Moghadamzadeh, A., Ebrahimi, P., Radfard, S., Salamzadeh, A., & Khajeheian, D. (2020). Investigating the Role of Customer Co-Creation Behavior on Social Media Platforms in Rendering Innovative Services. Sustainability, 12, 6926. https://doi.org/10.3390/su12176926.

Priandini, D., Supriatna, N., & Anggraini, D. (2023). The Use of Capcut Application in Improving Students’ Creativity in Social Studies Learning at Junior High School. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.9043.

Sadun, E. (2003). Digital Video Essentials: Shoot, Transfer, Edit, Share.

Wang, Z., Hangeldiyeva, M., Ali, A., & Guo, M. (2022). Effect of Enterprise Social Media on Employee Creativity: Social Exchange Theory Perspective. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.812490.

Wulan, D., , S., Saputra, E., Rahmawita, M., & Marsal, A. (2024). Analysis of User Experience of the CapCut Application in Generation Z for Social Media Content Using the User Experience Questionnaire Method. Scientific Journal of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v11i3.7543

Yasman, T., & Sari, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Capcut Bagi Kalangan Anggota Aktif UKKPK Universitas Negeri Padang. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v3i1.2668.

Published
2025-01-09
How to Cite
Fajarini, S. D., Mukhlizar, & Turmudi, I. (2025). Peningkatan Keterampilan Editing Video Sinematik Melalui Pelatihan Aplikasi CapCut pada Siswa SMPN 06 Bengkulu Tengah. Abdimas Awang Long, 8(1), 47-56. https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1433