Pelatihan Menentukan HPP Pada Laporan Laba Rugi
Abstract
Tujuan diadakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali tata cara menentukan HPP pada laporan laba rugi. Peserta pengabdian kepada masyarakat terdiri dari dosen-dosen Universitas Pamulang sebagai narasumber, mahasiswa, dan 10 orang pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Pondok Areng Tangerang Selatan. Metode yang digunakan yaitu melakukan presentasi, penyuluhan, diskusi, dan tanya jawab kepada ibu-ibu UMKM dalam membuat laporan keuangan. Adapun hasil dari penyuluhan ini ibu-ibu pelaku UNKM merasa senang karena ada pengetahuan untuk membuat laporan keuangan laba rugi. UMKM tidak hanya harus pandai dalam memasarkan produk dan jasanya tetapi juga harus memperhatikan perhitungan keuntungan untuk kelanjutan usahanya. Pada umumnya UMKM masih belum memahami cara memperhitungkan HPP, bahkan membuat laporan Laba Rugi. Mereka mengaku pada prakteknya hanya melakukan perhitungan sederhana berapa modal yang sudah dibutuhkan, lalu langsung membuat harga jual per unit tanpa menghitung terlebih berapa harga pokok produksi. Dengan adanya penyuluhan ini membuat mereka tambah yakin agar terhindar dari kerugian. Atau mereka akan dapat memperkecil HPP guna mendapatkan laba yang maksimal. Luaran yang diharapkan berupa artikel ilmiah pada jurnal naional terakreditasi dan publikasi hak cipta.
Downloads
References
Fahriani, D., et al. (2020). Pelatihan penentuan harga pokok produksi penjualan pada UMKM tas kulit di Desa Bligo. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nahdlatul Ulama, Sidoarjo.
Hasnawati, et al. (2023). Pelatihan perhitungan harga pokok produksi (HPP) dan penyusunan laporan laba rugi bagi komunitas UMKM di Provinsi Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Indonesia.
Jubaedah, S., & Fajarianto, O. (2021). MODEL PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA CUPANG KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Abdimas Awang Long, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.56301/awal.v4i1.121
Supiandi, G., et al. (2022). Strategi pengembangan usaha kecil menengah (UKM) berbasis ekonomi kreatif di Koperasi Gerai Lengkong Tangerang Selatan. Jurnal Sepakat: Sesi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-15.
Website. (2023). Menumbuhkan semangat wirausaha murid di sekolah. Redaksi Guru Inovatif.
Widiya, A., et al. (2022). Pendampingan penentuan harga pokok penjualan (HPP) dan harga jual pada UMKM kerupuk dan kemplang Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.
Widodo, A., et al. (2020). Pemberdayaan ibu rumah tangga untuk menjadi seorang wirausaha di wilayah RW 09, Kampung Bulak, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan–Banten. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-12.
Widodo, A., et al. (2021). Mendorong peran kader PKK dalam meningkatkan program ekonomi kreatif di lingkungan RW 008 Kelurahan Serpong. Abdimas Awang Long, 5(1), 1-10.
Wulandari, S., Aghnia Dian Lestari, Fajarianto, O., & Pratiwi Kartika Sari. (2022). OPTIMALISASI FITUR AUTOCRAT GOOGLE SHEET UNTUK MEMBUAT E-CERTICATE PADA SEKOLAH. Abdimas Awang Long, 5(2), 43-48. https://doi.org/10.56301/awal.v5i1.438
Copyright (c) 2025 Adji Widodo, Yhonanda Harsono, Hadijah Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.