Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pariwisata Berkelanjutan Melalui Aplikasi Duolingo
Abstract
Melalui pengabdian ini, kami akan mengeksplorasi potensi dan manfaat penggunaan Duolingo dalam pembelajaran bahasa Inggris pariwisata berkelanjutan. Penulis telah menganalisis efektivitas aplikasi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik dan bagaimana aplikasi ini dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan pariwisata serta dapat dipraktikan secara langsung ketika sudah memasuki dunia kerja. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan rekomendasi praktis belajar bagi pendidik dan institusi pendidikan dalam mengoptimalkan pembelajaran bahasa Inggris pariwisata melalui teknologi digital. Metode yang dilakukan dengan pendekatan sosialisasi yang mana diberikan stimulus untuk saling berbagi informasi dan memberikan solusi untuk kendala yang saat ini dihadapi serta memberikan ulasan (umpan balik) untuk mengetahui hasil dari pemberian sosialisasi dan pelatihan. Dengan adanya pelaksanaan pengabdian, masyarat setempat dan anak usia sekolah mendapatkan perbedaan dalam pembelajaran menggunakan aplikasi dan tidak menggunakan aplikasi. Ketika belum mengenal aplikasi duolingo, siswa merasakan kendala dalam kecakapan bahasa inggris terutama kosa kata dalam istilah pariwisata dan dengan beriringnya waktu aplikasi sudah diperkenalkan maka berasa lebih efisien, tidak terlalu menghabiskan banyak waktu, biaya yang dikeluarkan juga cukup murah selain itu dengan aplikasi duolingo bisa diakses dimanapun berada tidak harus di dalam ruang kelas atau berada di lingkup pendidikan formal maupun informal, di rumah juga bisa menggunakan aplikasi duolingo.
Downloads
References
Adzanil, O., Septy, P., Kunci, K., Pembelajaran, Inggris, B., Budaya, D., Karakter, M., Lokal-Kearifan, Lokal, P., Ekonomi, G., Pendahuluan, & Septy, A. (2021). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA DAN PENGELOLAANNYA DI DALAM ERA KEBEBASAN EKONOMI.
Hadina, N., Kemala Sari, M., & Yoni, E. (2023). Student’s Perception Of Using Duolingo As An English Learning Application. Journal of Educational Management and Strategy, 2, 146–154. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i2.291
Kharismawan, P. N. D., & Winangun, I. M. A. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI DUOLINGO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern, 7(1). https://journalpedia.com/1/index.php/jkpm
Khawas, U., & Agustina, E. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN DUOLINGO UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUHPENGARUH PENGGUNAAN DUOLINGO UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH. Jurnal Abdi Insani, 11, 1215–1225. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1511
Lubaba, T., Utari, Gi., Alfarizi, M., Andriani, Z. Z. D., & A, A. F. H. (2024). English in Workspace: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris di Dunia Kerja Bagi Mahasiswa. Abdimas Indonesia Journal, 4(2), 337–342. https://doi.org/10.59525/aij.v4i2.456
Pahlevi, G., & Nugroho, M. (2023). Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3. https://doi.org/10.20885/snati.v3i1.28
Riyanto, N., Lestari, D., Salsabelah, A., Putri, D. R., & Nadia, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Tourism Berbasis Web. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 5, 190–195. https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i1.3918
Sa’diyah, I., Ariffa, A., Agustina, E., Maghfiroh, M., & Kusnarto, K. (2023). Penggunaan Bahasa pada Perkembangan Industri Pariwisata di Surabaya: Studi Kasus Objek Wisata Museum Sepuluh Nopember. MIMESIS, 4, 143–152. https://doi.org/10.12928/mms.v4i2.8072
Suminto, E. A., & Ena, O. T. (2024). THE USE OF ENGLISH AS A LINGUA FRANCA IN TEACHING THAI STUDENTS: THE PERSPECTIVES FROM INDONESIAN TEACHERS. Premise: Journal of English Educational and Applied Linguistics, 13(3). https://doi.org/10.24127/pj.v13i3.8880 %0A
Titin, Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). MEMAHAMI MEDIA UNTUK EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. JUTECH Journal Education and Technology, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2
Wirawan, I., Atmaja, I., Suryasa, I., & Meitridwiastiti, A. (2023). PELATIHAN BAHASA INGGRIS PARIWISATA. Jurnal Warta Desa (JWD), 5, 30–35. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.217
Copyright (c) 2025 Muharis, Bidari Andaru Widhi, Abdul Muhid, Muhlisin, Titik Ceriyani Miswaty, Panji Tanashur, Yusril Ahmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.