Edukasi Pariwisata Berkelanjutan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Non-Formal Pariwisata

  • Muhamad Alam Setiawan Universitas Bumigora
  • Baiq Nadia Nirwana Universitas Bumigora
  • Susilo Talidobel Universitas Bumigora
  • Aisyah Ramadani Universitas Bumigora
  • Rafles Universitas Bumigora
Keywords: pariwisata berkelanjutan, edukasi, satuan pendidikan non-formal, pariwista

Abstract

Pariwisata berkelanjutan adalah konsep yang menekankan pada tanggung jawab terhadap tiga pilar utama yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi yang harus diterapkan dalam segala aktifitas pariwisata dan industrinya. Edukasi tentang penerapan konsep pariwisata berkelanjutan sudah seharusnya diberikan pada setiap elemen yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia yang akan mengelola pariwisata. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi konsep pariwisata berkelanjutan pada lembaga pelatihan perhotelan yang menjadi kontributor tinggi dalam mencetak sumber daya di industri perhotelan yang merupakan penunjang penting dalam pariwisata. Target penerima manfaat adalah siswa beserta staff dan Instruktur lembaga perhotelan LPKN Mataram. Setelah kegiatan pengabdian dilakukan, terlihat dampak yang signifikan terjadi pada pengetahuan mahasiswa terhadap konsep pariwisata berkelanjutan. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test dimana rata-rata diatas 80% siswa mejawab pertanyaan dengan benar dan sesuai konsep. Edukasi juga diberikan kepada staff dan instruktur dengan berfokus pada pengenalan kurikulum pelatihan berbasis pariwisata berkelanjutan sehingga kedepannya akan bisa diterapkan di lembaga. Familiarisasi konsep pariwisata berkelanjutan pada tingkat Lembaga pelatihan non-formal pariwisata ini adalah upaya untuk mencetak sumber daya pariwisasta yang sadar akan tanggung jawab terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi yang harus diperhatikan dalam upaya menjalankan sektor pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

data.ntbprov.go.id. 28 September 2021. Jumlah Hotel Non Bintang, Kamar dan Tenaga Kerja Hotel Non Bintang di Provinsi NTB Tahun 2016-2020. Diakses pada 20 Mei 2024 dari https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-hotel-non-bintang-kamar-dan-tenaga-kerja-hotel-non-bintang-di-provinsi-ntb/resource
Ghany H, Hafizah. 2018. Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar. Jurnal Madaniyah. 8(2). 186-198
Hakim, Lukmanul. 2010. Industri Pariwisata Dan Pembangunan Nasional. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Among Makarti. 3(1). 70-78
Haryanti, Eny Hartadiyati Wasikin. 2021. Penerapan pembelajaran bermuatan sustainability di sekolah program adiwiyata untuk mendukung sustainable development. Jurnal inovasi hasil pengabdian masyarakat (JIPEMAS). 4(2). 290-299
Lund-Durlacher, Dagmar. 2015. Sustainable Tourism Education: An Institutional Approach. In education; for sustainability tourism – a handbook processes, resources, and Strategies. Moscardo, P. & Benckendorff, G. (eds.). Berlin: Springer, p. 93-100
Ningruh, MIchelia dan Enung Hasanah. 2021. Manajemen Kurikulum dan Implementasi Education For Sustainable Development Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan ilmu pengetahuan DIKDAKTIS. 21(2). 119-228
Porwantoe dan Shambodo Yoedo. 2010. Revolusi Industri 4.0: GoogelisasiIndustri Pariwisata dan Industri Kreatif. Journal of Tourism and Creativity. 4(1). 59-72
Septyandi, Chandra Budhi dan Mega Fitriani Adiwarna Prawira. 2022. A Review of Sustainable Tourism Curriculum on Higher Education. Journal of Tourism Sustainability. 2 (2). 51-60
Yadnya, Putu Andhika Kusuma dan I Gusti Ketut Adnya Wibawa. 2020. Green Tourism Dalam Paradigma Baruhukum Kepariwisataan Majalah Ilmiah Untab. 17 (2). 164-167
Published
2025-01-11
How to Cite
Setiawan, M. A., Nirwana, B. N., Talidobel, S., Aisyah Ramadani, & Rafles. (2025). Edukasi Pariwisata Berkelanjutan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Non-Formal Pariwisata. Abdimas Awang Long, 8(1), 90-100. https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1467