Pelatihan Desain Membuat Logo dan Video Promosi Kopi Lapas di Lapas Kelas 1 Malang

  • Otto Fajarianto Universitas Negeri Malang
  • Abdul Rahman Prasetyo Universitas Negeri Malang
  • Fuad Indra Kusuma Universitas Negeri Malang
  • Fikri Aulia Universitas Negeri Malang
  • M. Refqi Hidayatulloh Universitas Negeri Malang
  • Nadia Arianesya Universitas Negeri Malang
  • Shohwatul Hana Universitas Negeri Malang
Keywords: Desain logo, videografi, pelatihan, branding, Lapas Kelas 1 Malang

Abstract

Pelatihan desain logo dan video promosi yang diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan 1 Malang ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar dalam desain grafis dan videografi. Melalui perpaduan antara demonstrasi dan praktik langsung, peserta diperkenalkan dengan prinsip-prinsip dasar desain logo, seperti kesederhanaan, keunikan, dan relevansi visual, serta teknik dasar dalam membuat video promosi, meliputi storyboard, komposisi, dan pemilihan sudut kamera. Meskipun peserta tidak menghasilkan produk akhir berupa logo atau video promosi untuk produk Kopi Lapas, pelatihan ini memberikan dasar yang kuat dalam memahami visual branding dan komunikasi pemasaran. Hasil menunjukkan bahwa peserta memahami dan menerapkan konsep dasar yang diajarkan, namun diperlukan sesi tambahan untuk mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi. Antusiasme peserta mencerminkan keberhasilan pelatihan dalam memberikan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dalam upaya pemasaran di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, M. (2022). Video Marketing for Small Businesses. Business and Marketing
Review, 8(2), 34-42.
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo
sebagai Branding Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(5), 2640-2651.
Arifudin, et al. (2021). The Role of Color in Branding and Marketing. Visual Studies,
12(4), 89-100.
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Agustina, R., Dwanoko, Y, S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan
Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi dan Inovasi, 4(1), 69-76.
Fernandez, D. (2024). Empowerment Through Skill Development in Correctional
Facilities. Journal of Social Work, 11(1), 102-120.
Johnson, P. (2021). Emotional Engagement Through Video Marketing. Journal of
Consumer Behavior, 18(1), 56-69.
Kadi, D. C. A., R. U. A. Fauzi, H.Purwanto. (2022) Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi
Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Wiryakarya.vol 01 no 01
Luzar, J. (2011).Color Psychology in Marketing. Marketing Insights, 9(3), 35-47.
Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan:
Ghalia Indonesia.
Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen sumber daya manusia strategik. Ghalia
Indonesia.
Miller, K. (2019). The Power of Promotional Videos in Marketing. Media Studies
Quarterly, 14(2), 78-90.
Muhammad Sholeh, Rr. Yuliana Rachmawati dan Erma Susanti. (2020). Penggunaan
Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM.Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Park, S., & Lee, H. (2018). Building Brand Loyalty Through Logo Design. Journal of Brand
Management, 22(3), 74-89.
Philipson, R., & Thomas, C. (2005). Logo design: Creativity and innovation. Allworth
Press.
Smith, J., & Brown, L. (2020). Marketing Coffee Through Visual Storytelling. Beverage
Marketing Journal, 6(3), 102-115.
Thompson, R., & Harris, K. (2023). Viral Video Strategies in Social Media Marketing.
Digital Marketing Journal, 15(1), 28-40.
Utami, A, D, W., & Hakim, L. (2016). Perancangan Desain Logo "LBH Sandhi Wafa &
Partners Counselor & Attorneys at Law". Jurnal Ilmu Komputer dan DKV, 1(1), 51-65.
Widyaiswara, D. (2018) Jenis - Jenis Metode Pelatihan yang Interaktif Balai Pendidikan
Dan Pelatihan Aparatur Badan Riset Dan SDM Kelautan Dan Perikanan. Diakses 13 Agustus 2023 melaluihttps://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif#:~:text=Menurut%20Endah%20(2018)%20jenis-,Kuliah%2Fceramah
Published
2025-01-28
How to Cite
Fajarianto, O., Prasetyo, A. R., Kusuma, F. I., Aulia, F., Hidayatulloh, M. R., Arianesya, N., & Hana, S. (2025). Pelatihan Desain Membuat Logo dan Video Promosi Kopi Lapas di Lapas Kelas 1 Malang. Abdimas Awang Long, 8(1). https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1483