Pendampingan Membaca Al-Qur’an: Upaya Membangun Karakter Anak Di TPA Darul Rahman Palangka Raya

  • Tia Hafizah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Palangka Raya, Kalteng, Indonesia
  • Salsabilla Ananda Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Palangka Raya, Kalteng, Indonesia
  • Surawan Surawan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Palangka Raya, Kalteng, Indonesia
  • Sapuadi Sapuadi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Palangka Raya, Kalteng, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Membaca Al-Qur'an, Pendidikan Karakter, TPA, Anak-anak

Abstract

Pendampingan membaca Al-Qur'an di TPA Darul Rahman Palangka Raya merupakan upaya penting dalam pendidikan karakter anak-anak di Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi awal kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak serta mengenali tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di TPA Darul Rahman Palangka Raya. Program pendampingan dilaksanakan menggunakan metode Service Learning. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi hasil pembelajaran melalui penilaian individu setelah setiap sesi. Anak-anak dinilai berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur'an, dengan kategori nilai yang jelas untuk menentukan kemajuan mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan peserta. Proses pembelajaran dilakukan secara individual, di mana anak-anak diajarkan membaca Al-Qur'an dengan metode tilawati. Evaluasi dilakukan setelah pembelajaran, dan anak-anak yang mendapatkan nilai baik tidak perlu mengulang, sementara yang kurang akan mengikuti pengulangan. Kegiatan ini berhasil membangun motivasi dan semangat anak-anak dalam mempelajari Al-Qur'an, serta memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriati, N. (2012). MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2)., 3(2).

Bekti Kusuma, Y., & Soraya, S. Z. (2023). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religius. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 297–305. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.62

Fauzia, I., & Surawan. (2021). Kemampuan Pedagogisitas Ustadz dalam Meningkatkan Motivasi Santri untuk Membaca Al-Qur’an. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 357–367.

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906

Haryanto, R., Surawan, & Rohmah, C. D. (2025). Pendampingan Membaca Kitab Kuning Berbahasa Melayu Sebagai Motivasi Meningkatkan Religiusitas Siswa Di SMAN 2 Palangka Raya. 3(February), 1–17.

Hasanah, K. (2018). Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 83. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i1.603

Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184

Khamidah, K., & Maunah, B. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur ’ an Di Mi Tholabuddin. Gendeng Asa: Juurnal of Primary Education, 4(1), 13–33.

Muthaharoh, N. R., Surawan, & Sapitri, S. A. D. (2024). ENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID MELALUI BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X SMAN 2 PALANGKA RAYA. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 361–368. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/eduabdimas/article/view/5600

Noviyani, R., & Octarina, R. (2023). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Tema Sehari Mengenal Lebih Dekat Bersama Al-Qur’an. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–52. https://doi.org/10.59963/2023.v1i1/271/5/juramas

Nur Handayani, I., & Suismanto, S. (2019). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-04

Sagala, R. (2022). Internalisasi nilai-nilai karakter melalui jum’at berkah pada kader pks kota palangka raya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/5254/1/SKRIPSI RUSLIMAN SAGALA %26 1701112195.pdf

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Syahmidi, S., Surawan, S., Anshari, M. R., & Yusuf, M. (2023). Pembinaan Remaja Dalam Melestarikan Kesenian Habsyi Sebagai Media Dakwah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 9(1), 60–72. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12017

Zulkifli, M. (2016). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Alquran. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 6.

Published
2025-06-06
How to Cite
Hafizah, T., Ananda, S., Surawan, S., & Sapuadi, S. (2025). Pendampingan Membaca Al-Qur’an: Upaya Membangun Karakter Anak Di TPA Darul Rahman Palangka Raya. Abdimas Awang Long, 8(2), 159-165. https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1517