Program Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Test Of English as a Foreign Language Prediction Pada Mahasiswa Jurusan Akuntasi dan Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan

  • Era Wahyu Ningsih Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Fitrahnanda Ayubadiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Haryadi Jaka Susila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
Keywords: TOEFL, Test, Program

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan calon lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Balikpapan dalam menghadapi ujian kemampuan bahasa Inggris, khususnya Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Kegiatan ini dilakukan melalui kerja sama antara STIE Balikpapan dengan Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Sastra Inggris, Universitas Balikpapan untuk menjamin relevansi dan kualitas materi pelatihan. Kegiatan dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan Mei, Juni, dan Juli, dengan total peserta sebanyak 290 mahasiswa tingkat akhir. Program ini dirancang menyerupai TOEFL PBT-like test yang mencakup tiga komponen utama: listening comprehension, structure and written expression, serta reading comprehension. Setiap sesi berlangsung selama 90 menit dengan metode tatap muka secara intensif. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, latihan soal, pembahasan strategi pengerjaan, serta pre-test dan post-test sebagai tolok ukur pencapaian peserta. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap format dan teknik menjawab soal TOEFL, serta meningkatnya kepercayaan diri peserta dalam menghadapi ujian kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, setiap peserta mendapatkan sertifikat sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi yang telah dicapai sehingga rogram ini memberikan manfaat yang signifikan dalam mempersiapkan calon lulusan menghadapi tantangan global yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilliandari, D. I., & Sugiharto, P. A. (2023). TOEFL Preparation Training Program to Enhance Students’ TOEFL Score. Jurnal Education and Development, 11(1), 487–490. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4327
Arina Hafadhotul Husna. (2022). Persepsi Mahasiswa (Non-English) Tentang Kebijakan TOEFL Sebagai Syarat Kelulusan. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i1.67
Fitria, T. N. (2022). An Analysis of the Students’ Difficulty in Reading the TOEFL Prediction Test. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 23(2), 110. https://doi.org/10.24036/komposisi.v23i2.116291
Maharani, S., & Miftachudin, M. (2021). Revealing Teachers’ Methods in Teaching Test of English as Foreign Language (TOEFL). Journal of English Teaching and Learning Issues, 4(2), 119. https://doi.org/10.21043/jetli.v4i2.12204
Rifiyanti, H., Dewi, D. U., & Putra, F. M. (2023). The Role of TOEFL Preparation Courses in Improving Test Score. Foremost Journal, 4(2), 99–104. https://doi.org/10.33592/foremost.v4i2.3615
Published
2025-06-24
How to Cite
Ningsih, E. W., Ayubadiah, F., & Susila, H. J. (2025). Program Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Test Of English as a Foreign Language Prediction Pada Mahasiswa Jurusan Akuntasi dan Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan. Abdimas Awang Long, 8(2), 218-223. https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1601