Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal: Rencana dan Pengembangan Produk Abon Nangka

  • Aprilia Mariyam
  • Riska Widya Sari
  • Niti Wilujeng
  • Annisa Dwi Nur Hikmah
  • Wibi Riyandra Wibowo
  • Sonja Andarini
  • Indah Respati Kusumasari
Keywords: Abon Nangka, Pangan Lokal, Inovasi Produk, Pemberdayaan Masyarakat, Kearifan Lokal

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam produksi nangka muda. Akan tetapi, hasil panen nangka muda belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk inovatif berbasis pangan lokal berupa abon nabati dari bahan dasar nangka muda, sebagai upaya peningkatan nilai tambah sekaligus pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal. Pendekatan yang digunakan melibatkan kolaborasi dengan petani lokal dalam proses produksi hingga pemasaran produk, guna mendorong terciptanya kemandirian ekonomi dan penguatan kapasitas usaha mikro. Metode pelaksanaan dimulai dari studi potensi lokal dan anailisi situasi dilanjutkan perancangan dan pengembangan produk abon nangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk abon nangka memiliki prospek pasar yang menjanjikan, serta mampu menjadi alternatif pangan nabati yang diminati oleh konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi antara inovasi teknologi pangan dan pelestarian kearifan lokal dalam pembangunan ekonomi berbasis komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfredo, A. A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Tradisional (Vol. 2).

Ana Anggorowati, D., Setyawati, H., & Bou Panawar Purba, A. (2012). Peningkatan Kandungan Protein Abon Nangka Muda Increased of Protein Content of Shreded Young Jackfruit. Jurnal Teknik Kimia, 7(1), 17–21.

Dan, Pembimbingan, Pembuatan, P., Buatan, P., Lobster, P., Tawar, A. I. R., Desa, D. I., Selatan, S., et al. (2023). Jurnal Abdi Insani, 10, 2587–2594.

Dan, Perencanaan, Bisnis, P., Andarini, D. S., Si, M., Kusumasari, I. R., Sos, S., & Si, M. (n.d.). Laporan portofolio produk abon nangka perencanaan dan pengembangan bisnis, (23042010195).

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly, Y. S. (2022). Buku Perencanaan Bisnis.

Izak, L. U., Merdana, S. V., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Analisis Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Untuk Meningkatkan Laba Umkm Soto Ayam Lamongan Pak Noto. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(4), 2–14.

Kementerian Pertanian. (2024). Angka Tetap Hortikultura Tahun 2023. Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, xxiv + 261.

Khoerunisa, T. K. (2020). Review : Pengembangan Produk Pangan Fungsional Di Indonesia Berbasis Bahan Pangan Lokal Unggulan A Review : Development of Functional Food Products in Indonesia based on Local Ingredients. Indonesian Journal of Agricultural and Food Research, 2(1), 49–59. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/IJAFOR

Lisnawati, A. (2021). Karakteristik Kimia dan Sensori Abon Nangka Muda dengan Penambahan Daging Ayam pada Rasio yang Berbeda. Buletin Loupe, 17(01), 28–34.

Made Ayu Alivy Khumaira, Arin Oktavia Ramadanti, Diana Putri Damayanti, Ovia Putri Rahmadani, Rusdi Hidayat, & Maharani Ikaningtyas. (2024). Strategi Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis. CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 277–287.

Majid, J. A., Marniza, M., & Susanti, L. (2024). Pengaruh Substitusi Daging Ikan Lele Sangkuriang (, 7(September), 433–446.

Muljawan, R. E., & Sugiarti, D. U. (2017). Potensi Ekonomi Produk Abon Dan Dendeng Nabati. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 1(2), 32–38.

Nur Jannah, U. Q. A., Hidayati, D., & Jakfar, A. A. (2016). KARAKTERISTIK SENSORIS DAN KIMIA PADA ABON NANGKA MUDA (Artocarpus heterophyllus LMK) DENGAN PENAMBAHAN TEMPE. Agrointek, 10(1), 48.

Rakhmaniar, A. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Komunikasi Pada Pemimpin Organisasi : Studi Kasus Pada Perusahaan Manufactur Dikota Bandung, 1(4).

Sagala, P. M., Tarigan, K. M. B., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Analisis Pentingnya Perencanaan dan Pengembangan Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 150–159.

Wang, L., Tanaka, H., & Li, X. (2024). Processed meat consumption and chronic disease risk.

Published
2025-06-16
How to Cite
Mariyam, A., Sari, R. W., Wilujeng , N., Hikmah , A. D. N., Wibowo, W. R., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal: Rencana dan Pengembangan Produk Abon Nangka. Abdimas Awang Long, 8(2), 199-207. https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1623