Implemetasi Sosial Media Pendhapa Jemparingan

  • Yulinda Erlistyarini Universitas Amikom Yogyakarta, D.I Yogyakarta, Indonesia
  • Kartika Sari Yudaninggar Universitas Amikom Yogyakarta, D.I Yogyakarta, Indonesia
  • Riski Damastuti Universitas Amikom Yogyakarta, D.I Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Sosial Media, Instagram, Jemparingan

Abstract

Media sosial sangat berperan dalam penyebaran informasi bagi masyarakat luas di semua bidang. Media sosial bisa dijadikan sebagai media promosi interaktif di bidang pariwisata mengenai informasi wisata apa saja yang ada dalam suatu daerah tersebut. Khalayak bisa dengan cepat mengakses informasi mana saja wisata-wisata yang sedang ramai dikunjungi ataupun asal usul sejarah wisata yang akan dikunjungi tersebut. Tidak terkecuali Yogyakarta yang mana merupakan salah satu daerah tujuan wisata terkemuka di Indonesia. Hal ini karena dukungan dari berbagai faktor seperti sejarah dan kebudayaannya. Salah satu warisan budaya Indonesia yang dapat emnajdi destinasi wisata adalah panahan tradisional atau disebut jemparingan yang berasal dari Yogyakarta. Potensi budaya Jemparingan masih bisa ditingkatkan melalui impelementasi media sosial instagram untuk menunjang eksistensinya. Kegiatan ini menawarkan program pelatihan media sosial dan pembuatan konten sebagai salah satu instrumen informasi dan edukasi. Kegiatan dilaksanakan secara bersama dengan melibatkan tim pengusul kegiatan pengabdian masyarakat serta tim dari Pendhapa Jemparingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, A, Hidayat, A. (2017). 45 Juta Pengguna Instagram, Indonesia Pasar Terbesar di Asia. https://bisnis.tempo.co/read/894605/ 45-juta-pengguna-instagramindonesia-pasar-terbesar-di-asia
Amira (2019). Efektivitas Fitur Instagram Sponsored sebagai Media Iklan/Promosi (Studi pada Iklan Tiket.com dengan Metode EPIC Model). Vol. 2 No. 2, 2019, hlm. 116 – 126.
Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Budiadnyana, A. (2021). Jemparingan, Panahan Tradisional yang Digemari Anak-Anak dan Remaja. IDN Times. https://www.idntimes.com/Sport/Arena/Ari-Budiadnyana/JemparinganPanahan-Tradisional-Yang-Digemari-Anak-Anak-Dan-Remaja-C1C2/5
Hidayatullah, S. (2020). Memahami JenisJenis Media Sosial. https://marketingcraft.getcraft.com/id -articles/memahami-jenis-jenismedia-sosial
Hootsuite and We Are Social. (2025). Digital in 2021 : Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use In Indonesia. Retrivied https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2025/.
McLuhan, Marshall. (1962). The Gutenberg Galaxy: The Making of Typographical Man. Toronto: University of Toronto Press.
Rifan Muk’adzin (2024). Pengembangan Budaya Jemparingan Melalui Pelatihan Pembuatan Video dan Poster di Desa Karangasem, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI). Vol. 4, No. 2, Maret 2024, Hal. 375-380
Ruben, Brent And Lea P Steward. (1998). Comunication And Human Behavior. Usa: Allyn And Bacon
Sugandi. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol 3 No.1 Hlm18-33.
Published
2025-07-08
How to Cite
Erlistyarini, Y., Yudaninggar, K. S., & Damastuti, R. (2025). Implemetasi Sosial Media Pendhapa Jemparingan. Abdimas Awang Long, 8(2). https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1697