Pengembangan Desain Produk Krupuk Jengkol Lokal UMKM Desa Mukti Jaya Kec Rantau Pulung

  • Nanok Fitriyadi Manajemen STIE Nusantara Sangatta, Sangatta, Indonesia
  • Nuuridha Matiin Manajemen STIE Nusantara Sangatta, Sangatta, Indonesia
  • Juwita Aprillia Manajemen STIE Nusantara Sangatta, Sangatta, Indonesia
  • Salmah Lafina Manajemen STIE Nusantara Sangatta, Sangatta, Indonesia
Keywords: Desain, Produk, Krupuk Jengkol, UMKM

Abstract

Banyak masyarakat di Desa Mukti Jaya Kec Rantau Pulung yang melakukan usaha mikro kecil menengah UMKM seperti usaha membuat makanan, pembibitan dan mebel, sehingga dalam hal ini Usaha Krupuk  Jengkol yang berada di desa Mukti jaya Kec Rantau Pulung yang biasanya hanya di jual dengan kemasan yang sangat sederhana seperti dari plastik biasa memberikan kesan tidak menarik dalam hal ini kami mencoba memberikan desain yang cukup menarik sehingga terkesan kemasan akan tampak elegan dan menarik pembeli. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui peran kemasan dimata konsumen yang akan meningkatkan atau menurunkan penjualan produk, Karena sesungguhnya tampilan kemasan yang menarik akan memberi kesan tersendiri bagi para konsumen dalam menentukan keputusannya untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Strategi Pemasaran untuk mendongkrak penjualan menjadi sebuah hal yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumasari, A. D., & Supriono. (2017). Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(2), Agustus.

Hanafi, M. M. (2014). Manajemen keuangan (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Indaryanti, V. D., & Wulandari, I. (n.d.). Pelatihan pencatatan pembukuan sederhana pada UMKM.

Nuuridha, M., Aprillia, J., & Amirudin. (2024). Pelatihan pembukuan dan pencatatan secara akuntansi di UMKM Desa Margo Mulyo Kecamatan Rantau Pulung. 7(2), Juni. ISSN: 2776-3757 (Online) / 2776-4443 (Print).

Rizqi, A. W., Jufriyanto, M., & Pusporini, P. (2021). Pelatihan desain kemasan produk asosiasi UMKM Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik (Studi Kasus: Produk Kerupuk). IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 1(1), 33–38.

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.

Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan desain kemasan produk UMKM di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(2), 12–15.

Published
2025-06-30
How to Cite
Fitriyadi, N., Matiin, N., Aprillia, J., & Lafina, S. (2025). Pengembangan Desain Produk Krupuk Jengkol Lokal UMKM Desa Mukti Jaya Kec Rantau Pulung. Abdimas Awang Long, 8(2), 238-242. https://doi.org/10.56301/awal.v8i2.1702