Pelatihan Komunikasi Pemasaran E-Commerce Melalui Aplikasi Layanan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kota Cirebon
Abstract
Suatu bisnis dengan model fasilitas berbasis digital, sebaiknya dimiliki para wirausahawan dan yang berbasis komunitas pengembangkan inovasi sosial dapat memecahkan suatu masalah lingkungan dengan memanfaatkan karakter lokasi, serta dapat berkontribusi untuk menghasilkan suatu produk maupun layanan dalam suatu jaringan untuk mendapatkan ide serta pengembangan produk dan jasa layanan, bahkan ikut serta mendapatkan dukungan dari masyarakat yang lebih luas. Hal tersebut tentunya berkontribusi kepada layanan publik dengan menggabungkan konsep kewirausahaan sosial dengan pengelolaan lokasi untuk memahami pesan media yang dibentuk, penggunaan sarana, tujuan, karakteristik serta konvensi yang menguji bagaimana para wirausahawan menafsirkan pesan secara berbeda, maka diperlukan pelatihan dan terprogramkan pula di Universitas Swadaya Gunung Jati sebagai dunia pendidikan dan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kota Cirebon yang memiliki binaan dan program layanan publik berupa aplikasi maupun yang konvensional seperti fasilitas ruangan coworking space. Fasilitas layanan sudah lengkap, pemahaman dalam menggunakan fasilitas Marketplace juga sudah cukup paham, sangat membantu penggunaannya di era pasar bebas. Pemahaman pengelolaan administrasi usaha dalam keuangan, setelah adanya kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan menjadi mengerti dan paham untuk lebih lanjut lagi, membantu pemahaman dalam era digital, semakin simple dalam metode laporan keuangan, dapat memudahkan dalam total dan rekapan pendapatan dan pengeluaran penjualan produk UMKM.
Downloads
Copyright (c) 2023 Farida Nurfalah, Otto Fajarianto, Rifka Noviani Santika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.