SENGKETA ADMINISTRASI NEGARA

MENILAI KRITIS PERAN OMBUDSMAN DALAM PENYELESAIANNYA

  • Ridha Kurniawan Universitas Adiwangsa Jambi
  • Agus Irawan Universitas Adiwangsa Jambi
  • Alendra Universitas Adiwangsa Jambi
  • Rahman Universitas Adiwangsa Jambi
  • M.S Alfarisi Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Administrasi Negara, Penyelesaian sengketa, Ombudsman

Abstract

Ombudsman Republik Indonesia memiliki peran strategis dalam mengawasi pelayanan publik untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi. Salah satu fungsi pengawasan Ombudsman adalah melindungi masyarakat dari maladministrasi yang sering terjadi di berbagai layanan publik. Namun, pelaksanaan rekomendasi Ombudsman sering menghadapi tantangan, terutama terkait dengan kewenangan  dan kekuatan hukum rekmendasi yang diberikan sebagai bentuk penyelesaian sengketa maladministrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran Ombudsman dalam menangani sengketa administrasi negara serta dampak dari penyelesaian sengketa terhadap perlindungan hak-hak masyarakat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman berfungsi sebagai pelindung hak masyarakat melalui mekanisme mediasi dan konsiliasi, meskipun rekomendasinya tidak bersifat mengikat secara hukum. Meskipun rekomendasi Ombudsman tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat, lembaga ini masih berfungsi sebagai pelindung hak-hak masyarakat dengan memberikan solusi cepat dan efektif. Keterbatasan wewenang ini mengurangi efektivitas dalam penyelesaian sengketa. Saran untuk meningkatkan efektivitas mencakup pemberian status mengikat pada rekomendasi, peningkatan anggaran, dan sosialisasi yang lebih baik mengenai peran Ombudsman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Bambang Waluyo. Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi: Strategi dan Optimalisasi. Sinar Grafika: Jakarta, 2022.
Diani Kesuma. Reformasi Pelayanan Publik-Damera Press. Damera Press, 2022.
Hendra Nurtjahjo, Yustus Maturbongs, dan Diani Indah Rachmitasari. Memahami Maladministrasi. Ombudsman Republik Indonesia, 2013.
Maskur Hidayat. Strategi & Taktik Mediasi. Jakarta: Kencana, 2016.
Peter Mahmud Marzuki. Penelitian Hukum. Kencana Prenada Media Group: Jakarta, 2019.
Philipus M. Hadjon, Sri Soemantri Martosoewignjo, dan Sjachran Basah. Pengantar Hukum Administrasi Indonesia. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta, 2005.
Rosidin. Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara. Widina Bhakti Persada: Bandung, 2006.
Satijipto Rahardjo. Ilmu Hukum. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2014.

Jurnal
Cevyn Oktavianus Taroreh. "Kedudukan dan Peranan Ombudsman Republik Indonesia dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia." Lex Crimen, Vol. 11, No. 3, 2022.
Dani Habibi. "Perbandingan Hukum Peradilan Tata Usaha Negara dan Verwaltungsgerecht sebagai Perlindungan Hukum Rakyat." Kanun Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 21, No. 1, 2019.
Desti Setiawati, Muhammad Khoirul Anwar, dan Anisa Nurmaida. "Peran Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) dalam Pembentukan UU Kesehatan." Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 3, 2023.
Hardi Setiawan, Jaelan Usman, dan Riskasari Riskasari. "Penerapan Media Sosial dalam Pengaduan Dugaan Maladministrasi pada Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan." Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), Vol. 3, No. 2, 2022.
Ilham Endriansyah Putra, Muhammad Galih Ramahadi, dan Rifad Fahrezy. "Eksistensi Ombudsman sebagai Pengawas Pelayanan Publik guna Menciptakan Pemerintahan yang Bebas Maladministrasi: Studi Kasus: Pembangunan Apartemen Lexington Residence." Dinamika Hukum, Vol. 24, No. 2, 2023.
Intan Nurkumalawati. "Pemeriksaan Keimigrasian: Pelayanan Publik yang bukan Sekadar Melayani." Dinamika Keimigrasian di Indonesia, Vol. 9, No. 7, 2020.
Irma Mangar dan Muhammad Rosyid Ridho. "Lembaga Independen Negara dalam Ketatanegaraan Indonesia." Definisi: Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, Vol. 1, No. 2, 2022.
Junan Hastuty Christin Nalle, Saryono Yohanes, dan Hernimus Ratu Udju. "Kedudukan Ombudsman Republik Indonesia dan Implikasi Rekomendasinya dalam Penegakan Hukum di Indonesia: Perspektif Hukum Tata Negara." COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 2023.
Lailam, Tanto. "Penataan Kelembagaan Pengujian Norma Hukum di Indonesia." Jurnal Konstitusi, Volume 15, No. 1, 2018.
Marianus Yofan Kader dan Willy Tri Hardianto. "Ombudsman Strategy Of Republic Of Indonesia In East Java Representative Regarding Public Service Supervision." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), Vol. 8, No. 3, 2019.
Mohammad Sandy Kurniawan dan Noor Hafidah. "Tinjauan Yuridis Penyelesaian Sengketa Secara Ajudikasi dalam Pelayanan Publik." JTAM FH, Vol. 2, No. 1, 2024.
Nabila Firstia Izzati. "Ombudsman Sebagai Lembaga Pengawas Pelayanan Publik di Indonesia." Sasi, Vol. 26, No. 2, 2020.
Nurkhatimah, Usman Jafar, dan Muhammad Anis. "Kedudukan dan Peran Ombudsman dalam Mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Tela’ah Fiqh Siyasah)." Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar'iyyah, Vol. 2, No. 3, 2021.
Nurlita Purnama, Annisa Miskiyah, dan Muhammad Khoirul Anwar. "Upaya Pencegahan Maladministrasi oleh OMBUDSMAN Republik Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia." Jurnal Relasi Publik, Vol. 1, No. 1, 2023.
Yuda Hanafi Lubis, Sholihul Abidin, dan Erik Syaputra Johan. "Penambahan Fungsi Magistrature of Sanction pada Ombudsman dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik." Innovative: Journal of Social Science Research, Vol. 3, No. 2, 2023.
Yusnani Hasjimzoem. "Eksistensi Ombudsman Republik Indonesia." Fiat Justisia, Vol. 8, No. 2, 2014.

Karya Ilmiah
Dhenok Panuntun Trisuci Asmawati. "Kedudukan Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta Pasca Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah." PhD Disertasi, Universitas Islam Indonesia, 2015.
Herry Wibawa. "Pengawasan Ombudsman Terhadap Penyelenggara Negara dan Pemerintahan (Studi Perbandingan dengan Pengawasan Peratun)." PhD Disertasi, Universitas Diponegoro, 2010.
Wanda Pusthika Ayu. "Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Timur Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Tanggapan Stakeholders." PhD Disertasi, Universitas Brawijaya, 2014.

Lainnya
Badan Legislasi. "Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia."
Muhammad Khoerul Umam. "Kedudukan Konstitusional Ombudsman Republik Indonesia dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia untuk Mewujudkan Clean Governance." 2021.
Siaran Pers, 03 Maret 2019. "Ombudsman RI Luncurkan Laporan Tahunan 2019." Diakses dari [https://ombudsman.go.id/news/r/ombudsman-ri-luncurkan-laporan-tahunan2019](https://ombudsman.go.id/news/r/ombudsman-ri
Published
2024-06-30
How to Cite
Kurniawan, R., Irawan, A., Alendra, Rahman, & Alfarisi, M. (2024). SENGKETA ADMINISTRASI NEGARA: MENILAI KRITIS PERAN OMBUDSMAN DALAM PENYELESAIANNYA. The Juris, 8(1). https://doi.org/10.56301/juris.v8i1.1289