Penggunaan Podcast untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Kebijakan Pemerintah di Jawa Timur

  • Dominggo Bayu Baskara Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Krisnayanti Aditasari Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Silvi Istiqomah Teknik industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
Keywords: podcast, kebijakan pemerintah, peningkatan ekspor, sosialisasi kebijakan, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat, khususnya UMKM, IKM, dan bisnis rintisan di Jawa Timur, terhadap kebijakan pemerintah yang dikeluarkan oleh DISPERINDAG Provinsi Jawa Timur. Media podcast dipilih sebagai sarana utama untuk menyosialisasikan kebijakan tersebut melalui tiga format: video panjang di YouTube, audio panjang di Spotify, serta potongan video pendek di Instagram dan TikTok. Enam episode podcast diproduksi dengan narasumber dari berbagai institusi terkait, membahas topik-topik penting seperti pengembangan desa devisa, industri halal, hingga peran Bea Cukai dalam peningkatan ekspor. Hasil kegiatan menunjukkan keterlibatan audiens yang signifikan, terutama melalui media sosial. Podcast terbukti efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebijakan pemerintah. Untuk keberlanjutan program, disarankan untuk meningkatkan frekuensi penayangan, memperluas variasi topik, serta melibatkan lebih banyak pihak dalam produksi podcast. Podcast dapat menjadi alat yang strategis untuk memperkuat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanto, D. F. (2023). Pelatihan Penulisan Naskah Podcast Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Naskah Podcast Kepada Remaja. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45–51. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i2.761

Akifah, A., Kudratullah, K., & Rahmi, R. (2023). Penyajian Konten Podcast Kreatif dan Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.894

Anindya, A., Shantilawati, I., & Tampubolon, A. S. (2024). Inovasi Produk dan Kreativitas dalam Pengembangan UMKM Gula Aren sebagai Ekonomi Pariwisata di Desa Tanjung Lesung (Vol. 7, Issue 2). Online.

Fauzia, N. K., Made, I., & Darma, W. (2024). Sosialisasi Penerangan Hukum dan Dampak Negatif Penggunaan Narkotika Dalam Kejaksaan Negeri Denpasar (Vol. 7, Issue 2). Online.

Fronek, P., Boddy, J., Chenoweth, L., & Clark, J. (2016). A Report on the Use of Open Access Podcasting in the Promotion of Social Work. Australian Social Work, 69(1), 105–114. https://doi.org/10.1080/0312407X.2014.991338

Jati, R. P. (2021). Podcasting as an Alternative Method of Social Research. MEDIASI, 2(3), 242–254. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i3.408

Junaedi, F., Gita Sukmono, F., Sudiwijaya, E., & Dwi Arifianto, B. (n.d.). Pengembangan Podcast dan Radio untuk Media Pembelajaran di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Gamping Sleman. https://doi.org/10.18196/ppm.52.1037

Konkin, А. (2021). PODCAST PHENOMENON IN THE SYSTEM OF INTERCULTURAL AND SOCIAL-POLITICAL EVENTS’ REPRESENTATION. Transbaikal State University Journal, 27(6), 90–100. https://doi.org/10.21209/2227-9245-2021-27-6-90-100

Laura, T., Sinaga, T., Mutiara, A., & Pabulo, A. (2024). Pendampingan Digital Marketing untuk Meningkatkan Efesiensi Pemasaran pada UMKM Omah Jamu (Vol. 7, Issue 2). Online.

Mufid, A., & Sulaiman, L. (n.d.). SOSIALISASI DAN EDUKASI BAHAYA DEMAM BERDARAH DENGUE MELALUI PODCAST DI MEDIA SOSIAL.

Pengabdian Magister Pendidikan IPA, J., Arie Yuliyani, E., Kadriyan, H., Alfian Sulaksana, M., Libryan, F., Agung Istri Sintha Prajnyaswari, D., Ghassani Kayla, B., Rafid Chusaeri, A., Sadar Bising Sebagai Upaya Promotif dan Preventif Terhadap Gangguan Dengar Melalui Media Podcast Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, E., Author, C., & Tht-kl, B. (2022). under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 license. Edukasi Sadar Bising Sebagai Upaya Promotif dan Preventif Terhadap Gangguan Dengar Melalui Media Podcast. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1630

Purnomo, A., Romadi, Kurniawan, G. F., Maulida, I., Worotyca, T. I., & Naziya, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Pengembangan Media Bagi Guru Sejarah Kabupaten Semarang melalui Pelatihan Pemanfaatan Podcast dalam Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.204

Singer, J. B. (2019). Podcasting as Social Scholarship: A Tool to Increase the Public Impact of Scholarship and Research. Journal of the Society for Social Work and Research, 10(4), 571–590. https://doi.org/10.1086/706600

Tri Utami, R., Sambodja, E., Siahaan, P., Retail, M., & Ekonomi, F. (2024). Manajemen Pemasaran UMKM Jeruk Lemon dan Keripik Kentang di Desa Wisata Margaluyu (Vol. 7, Issue 2). Online.

Widodo, A., Setyorini, R., Sisilia, K., Hendriyanto, R., Widaningsih, S., Dillak, R. G., Aulia, P., Ramadhan, M. R., & Ramadhan, Y. (2023). SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Pembangunan Website dan Sarana Podcast UMKM Kampung Digital Sentra Kreasi Desa Pameungpeuk. 2(1), 37–41. https://doi.org/10.32699

Published
2025-01-08
How to Cite
Baskara, D. B., Krisnayanti Aditasari, & Istiqomah, S. (2025). Penggunaan Podcast untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Kebijakan Pemerintah di Jawa Timur. Abdimas Awang Long, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.56301/awal.v8i1.1335